oleh

Buka Festival Ragam Pesisir, Husni : Mari kita Selamatkan Hutan dan Mangrove Demi Anak Cucu Kita

Sungai Apit – Festival Ragam Pesisir sekaligus Penanaman Bibit Mangrove dalam rangka Memperingati Hari Keselamatan dan Kesehatan Kerja Nasional (K3N) dilaksanakan di Aula Pertemuan Teras Bakau, Kampung Kayu Ara Permai, Kecamatan Sungai Apit, Kabupaten Siak, Sabtu (19/2/2022).

Festival ini diadakan oleh Perangkat Kecamatan Sungai Apit dan Kampung Kayu Ara Permai bekerjasama dengan Kelompok Observasi Laskar Mandiri, festival ini mengangkat tema ” Menggali Potensi Alam, Mengangkat Kearifan Lokal, Memberikan Edukasi & Kampanye Alam Serta Promosi Wisata”.

Turut hadir dalam peringatan ini Ketua DPRD Kabupaten Siak Indra Gunawan, Anggota DPRD Provinsi Riau, Camat Sungai Apit Wahyudi, Pimpinan PT. RAPP, Penghulu Kampung Kayu Ara Permai Abdul Razak, Tenaga Ahli Lingkungan Hidup dan Hutan Dr. Afni Zulkifli, Pimpinan OPD Lingkungan Pemkab Siak, serta Perangkat Kampung Kayu Ara Permai, tokoh masyarakat/adat, dan masyarakat Kampung Kayu Ara Permai.

Wakil Bupati Siak mengatakan pentingnya ekosistem mangrove dalam menahan aberasi serta mengajak masyarakat untuk menjaga lingkungan khususnya Mangrove.

“Alhamdulillah hari ini bisa berkumpul di Aula Pertemuan Teras Bakau Kampung Kayu Ara Permai dalam rangka memperingati hari Keselamatan dan Kesehatan Kerja Nasional (K3N) tentunya dengan memperingati hari K3N kita bersama saling menjaga alam dan hutan khususnya Ekosistem Mangrove yang berguna mengurangi aberasi selain itu tujuan adalah menyelamatkan lingkungan untuk anak dan cucu kita dimasa yang akan datang. Tentunya hal ini sejalan dengan program Pemkab Siak yaitu Siak Hijau”. Ucap Husni.

Orang nomor dua di Siak itu juga mengarahkan kepada Dinas Pariwisata dan Camat serta Perangkat Kampung Kayu Ara Permai untuk berkoordinasi terkait perkembangan Wisata Magrove baik fasilitas terutama kondisi jalan didalam area Mangrove.

“Tentunya kami berharap kepada Dinas Pariwisata untuk berkoordinasi dengan camat maupun perangkat kampung serta pihak terkait Pengembangan Wisata Ekosistem Mangrove yang ada di Kampung Kayu Ara Permai, seperti yang kita lihat alhamdulillah dari PT. RAPP sudah membangun Mushola dan Kementrian Lingkungan Hidup dan Hutan berupa Toilet yang berguna bagi wisatawan yang berkunjung, kedepannya perlu diperhatikan soal jalan-jalan di area dalam mangrove demi keamanan wisatawan yang akan berkunjung”arahan Husni.

Tenaga Ahli Lingkungan Hidup Dan Hutan Dr. Afni Zulkifli menyampaikan Mangrove Sungai Bersejarah menyimpan banyak potensi baik yang besar dan tidak kalah hebat dari mangrove yang ada di luar Riau.

“Dapat saya sampaikan bahwa saya orang luar pertama yang menginap di Mangrove Sungai Bersejarah, tujuan dari saya menginap untuk melihat potensi magrove siang sampai malam dan bisa saya bilang mangrove disini tak kalah dengan mangrove lainnya di indonesia dan memiliki potensi yang besar tinggal bagaimana mengatur tata kelelolaanya, dan kami mohon dukungan dari Pemerintah Kabupaten Siak dalam mengelola Mangrove di Kampung Ara Permai ini”. Ucapnya.

Selesai meresmikan Aula Teras Bakau dan Mushola Wakil Bupati Siak Husni Merza melanjutkan kegiatan menanam bibit magrove di area wisata magrove bersejarah Kampung Ara Permai Kecamatan Sungai Apit Kabupaten Siak.

Akses Informasi lainnya :

web.siakkab.go.id
www.mediacenter.siakkab.go.id
www.diskominfo.siakkab.go.id

Instagram @diskominfosiak
Fanpage. @diskominfosiak
YouTube Diskominfo Siak Official
Email : kominfo@siakkab.go.id

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed