oleh

184 Jiwa Korban Kebakaran Mengungsi, PSTMI Riau Sebut Pemkab Telah Bantu Sejak Awal

Pemkab Siak akan memfasilitasi pengurusan kembali berbagai kebutuhan administrasi para korban musibah kebakaran Pasar Lama Kampung Dalam Siak Sri Indrapura yang terjadi akhir pekan lalu. Pemerintah Kecamatan Siak dan lintas Organisasi Perangkat Daerah (OPD) akan memfasilitasi berbagai keperluan pengurusan dokumen para masyarakat korban kebakaran tersebut melalui koordinasi Posko Tanggap Bencana yang berlokasi di Kelenteng Hock Siu Kiong. Hal tersebut disampaikan Pelaksana Tugas (Plt) Bupati Siak Drs. H. Alfedri, M.Si saat meninjau para korban bersama jajaran. Turut hadir pula Ketua Persatuan Marga Tionghoa Indonesia (PSMTI) Provinsi Riau Peng Suyoto.

“Kita akan berupaya membantu pengurusan administrasi yang hilang atau terbakar. Kemarin melalui posko kami juga telah menyebar blanko kepada para korban, tujuannya untuk pendataan jumlah anggota keluarga serta mendata dokumen surat menyurat yang tidak bisa diselamatkan saat musibah kebakaran terjadi” sebut Wabup saat menyerahkan bantuan 95 paket sembako Pemerintah Kabupaten Siak kepada para korban.

Karena itu Wabup berharap blangko yang telah di isi agar secepatnya dikembalikan ke posko untuk dilakukan rekapitulasi data. Kepala OPD dan Camat Siak juga telah diminta secara khusus untuk bersinergi dan memberikan kemudahan pelayanan termasuk soal administrasi bagi para korban.

“Kami akan segera melaporkan data tersebut kepada Polsek Siak untuk pengurusan surat keterangan kehilangan dari kepolisian. Surat keterangan tersebut untuk selanjutnya diteruskan untuk berbagai keperluan dan urusan di instansi terkait, misalnya pengurusan administrasi kependudukan KTP, KK dan dokumen lainnya” jelasnya.

Dalam kesempatan itu beliau juga menyampaikan rasa keprihatinannya atas musibah yang menghanguskan puluhan bangunan cagar budaya di kawasan pasar lama tersebut. Untuk itu ucapan terimakasih kepada semua pihak juga terlantun dari pelaksana tugas orang nomor satu Negeri Istana tersebut.

“Kita hadir disini untuk bersama-sama berempati atas musibah menimpa saudara kita. Atas nama Pemkab Siak saya ucapkan terimakasih kepada BPBD, TNI-Polri, Satpol PP, BOB, Pertamina, dan Mandala Agni serta masyarakat yang telah bersama-sama memadamkan api” sebutnya.

Selain upaya pemadaman, upaya lain yang dilakukan ialah penyelamatan warga dan barang, mendirikan posko penanganan, memobilisasi bantuan melalui Dinas Sosial, BNPB dan ASN di jajaran Pemkab hingga tingkat kecamatan dan Gerakan Pramuka untuk mendirikan dapur umum, mengumpulkan bantuan sembako, pakaian seragam sekolah dan pakaian layak pakai dan bantuan lainnya.

Hari itu juga sebut Wabup Siak, Pemkab Siak telah mempersiapkan gedung baru pasien Kelas III RSUD Tengku Rafian sebagai lokasi penampungan sementara bagi 184 jiwa masyarakat yang saat ini mengungsi.

“Ada 3 KK yang saat ini ditampung di gedung RSUD, selebihnya memilih tinggal di rumah sanak saudaranya” ungkapnya.

Sementara itu Ketua PSMTI Riau Peng Suyoto memberikan apresiasi kepada Pemerintah Daerah Kabupaten Siak yang telah hadir bagi para korban sejak pertama musibah kebakaran terjadi.

“Kita sedih dan amat prihatin dengan musibah ini, apalagi terjadi ditengah perayaan imlek. Mari bahu membahu bergotong royong agar semua ditangani. Kita bersyukur Pemerintah Daerah dari awal telah hadir, kita monitor Pemkab terus membantu korban. Terimakasih Kepada Pemda dan jajaran, Forkompinda serta semua pihak yang telah mengulurkan tangan” Kata Peng.

Namun demikian, Peng tetap berharap PSMTI Kabupaten Siak terus mendapat dukungan luas Pemkab Siak dan masyarakat dalam hal penanganan para korban, khususnya terkait pengurusan berbagai kebutuhan administrasi yang disebutkan Pelaksana Tugas Bupati.

Sumber : Humas Kab. Siak, 20 Februari 2018

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed