oleh

228 Orang CJH Kabupaten Siak Akan Segera Melaksanakan Manasik Haji

Musim haji tahun 2018 semakin dekat, berbagai persiapan mulai dilakukan oleh calon jamaah haji yang akan bertamu ke Baitullah. Rangkaian manasik haji merupakan salah satu langkah persiapan yang mesti dilalui sebagai petunjuk dan penjelasan cara mengerjakan rukun, wajib dan sunnah haji. Maka dapat disimpulkan bahwa manasik haji adalah tata cara pelaksanaan ibadah haji dan merupakan hak yang tidak bisa di abaikan bagi seorang muslim yang akan melaksanakan ibadah haji.

Tahun 2018 menurut data Kementerian Agama Kabupaten Siak, ada 228 orang calon jamaah haji yang akan berangkat ke tanah suci terdiri dari 12 Kecamatan yang ada dengan jumlah jamaah terbanyak dari Kecamatan Dayun 56 orang, Kerinci Kanan 45 orang, Lubuk Dalam 27 orang, Tualang 22 orang, Siak 17 orang, Koto Gasib 14 orang, Bungaraya 11 orang, Minas 10 orang, Sabak Auh 10 orang, Sungai Apit 8 orang, Mempura 6 orang dan Sungai Mandau 2 orang. Sedangkan Kecamatan Kandis kebanyakan jamaah haji melalui pemberangkatan dari Pekanbaru.

Guna melakukan persiapan musim haji pemerintah daerah Kabupaten Siak menggelar rapat persiapan manasik haji 2018, bertempat di Sri Indra Meeting Room (Jumat/29/06/2018). Rapat yang dipimpin oleh asisten I sekda Kab. Siak Budhi L. Yuwono, Kepala Kemenag Siak H. Muharrom dan Kabag Kesra ini membahas kesiapan manasik haji hingga pemberangkatan ke embarkasi Batam hingga ke tanah suci.

Direncanakan manasik haji akan dilaksanakan pada tanggal 3 Juli 2018 sesuai instruksi dari kementerian agama RI. Nantinya calon jamaah haji akan di inapkan di Asrama Haji Kabupaten Siak dan akan melaksanakan manasik di kompleks masjid islamic center.

Menurut Kepala Kantor Kementerian Agama Kab. Siak H. Muharrom, sebanyak 288 orang CJH akan diberangkatkan dalam dua gelombang yakni;

Gelombang 1 tergabung dalam kloter 10 sebanyak 218 orang, tanggal 28 Juli masuk asrama dan 29 Juli 2018 berangkat ke jeddah.

Selanjutnya untuk pemberangkatan gelombang ke 2 tergabung dalam kloter 16 sebanyak 10 orang, masuk asrama tanggal 3 agustus dan 4 agustus 2018 berangkat ke jeddah.

Sementara untuk pemberian Vaksinasi terdiri dari vaksin meningitis haji selanjutnya akan dilakukan pemberian vaksin imunisasi influenza dari Dinas kesehatan Kabupaten Siak yang akan diberikan bersamaan dengan pelaksanaan manasik haji.

Pemberian vaksin ini diakui petugas dari Dinas Kesehatan diberikan gratis pada 228 jamaah ditambah 2 petugas haji. Sebagai langkah pencegahan penyakit selama nanti berada di Arab Saudi.

Di akhir pertemuan Asisten I, Sekda Kab. Siak Drs. L. Budhi Yuwono, M.Si mengingatkan bagi calon jamaah haji agar  dapat menjaga kesehatannya sebelum berangkat dan selama berada menjalankan ibadah di tanah suci. Sehingga perjalanan rangkaian ibadah dapat pula berjalan lancar, dapat kembali ke tanah air dengan selamat dan menjadi haji yang mabrur.

Sumber : Desi RPK Siak, 02 Juli 2018

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed