oleh

Apel Siaga Karhutla, Danramil dan Kapolsek Minas Himbau Masyarakat Cegah Karhutla

Minas (MCS) – Dalam giat apel siaga karhutla yang di adakan oleh Upika Minas Di halaman Mako Manggala Agni Danpos Pekanbaru, Jalan Yos Sudarso KM 23 Kelurahan Minas Jaya, Kecamatan Minas, kabupaten Siak, Riau, selasa (19/03/2019).

Danramil dan kapolsek Minas menghimbau seluruh masyarakat kecamatan Minas untuk ikut serta berpartisipasi dalam melakukan pencegahan terhadap terjadinya kebakaran hutan dan lahan (karhutla) khususnya di wilayah tugas mereka itu.

Dalam sambutannya Danramil Minas Kapten Inf S.Sinaga menyampaikan, “Kami dalam hal ini tentunya sangat berharap peran serta seluruh masyarakat, sebagaimana saat ini kami dari koramil Minas sebagian anggota kami diperbantukan ke daerah bengkalis yakni di rupat dan selat panjang, untuk melakukan pemadaman api di lahan yang terbakar di sana.

Jadi dalam hal ini bukan hanya di Minas yang terbakar kami bekerja memadamkan bahkan di wilayah lain juga kami ikut membantu, jadi kami berharap kita semua dapat bekerja sama untuk mencegah terjadinya karhutla ini.

“apabila sudah sempat terjadi kebakaran lahan mari kita sama-sama berupaya agar jangan sampai meluas terlebih di wilayah tanah gambut, sebab untuk memadamkan 1 hektar saja memakan waktu selama tiga hari kalau di wilayah gambut”, kata Danramil.

Hal itu juga disampaikan oleh Kapolsek Minas Kompol Birma Naipospos, menghimbau untuk sama-sama mengantisipasi ataupun menumpas segala kegiatan-kegiatan yang berhubungan dengan karhutla.

“Mari sama-sama kita mengantisipasi ataupun antisipasi dini segala kegiatan-kegiatan yang berhubungan dengan karhutla, baik itu di sengaja maupun tidak, karna terkadang kebakaran ini bisa datang sendiri disebabkan cuaca yang extreme seperti saat ini, jadi disini kami menghimbau kepada seluruh Masyarakat maupun pihak terkait di kecamatan ini untuk senantiasa melakukan pengecekan terhadap lokasi yang mudah terbakar”., kata Kapolsek.

Koordinasi lapangan yang telah kami survei kelokasi-lokasi yang kita anggap rawan terjadi kebakaran, seperti minas barat kemudian mandiangin dan rantau bertuah, nanti akan kita buatkan di sana kanal.

Tiga Kampung ini akan kita fokuskan pembuatan kanalnya, tak lupa tentunya kami juga berterimakasih kepada seluruh kepala Kampung di kecamatan Minas ini atas peran aktif dalam mengantisipasi terjadinya karhutla ini. (MCSiak/doliwtr/idrisH)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed