oleh

Arfan Usman : Makna Peringatan Maulid mengevaluasi sejauh mana Uswatun Hasanah yang melekat pada diri Rosulullah SAW

Sekretaris Daerah kabupaten Siak Arfan Usman menghadiri peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW di Masjid Al Ihsan Kampung Lubuk Jering Kecamatan Sungai Mandau, Kamis, (29/10/2020) malam.

Arfan Usman menyampaikan hadirnya ia di acara Maulid Nabi malam itu, untuk kesekian kalinya sejak di lantik oleh Bupati Siak sebagai sekretaris daerah Siak dua bulan lalu. Ia berazam akan turun ke kampung-kampung untuk melihat apa yang menjadi kebutuhan masyarakat di kampung. “Saya berniat setelah saya di lantik menjadi Sekda ingin berkunjung ke kampung-kampung, mengingat masa kecil dulu, menjenguk ayah dan bunda serta mendengarkan apa yang menjadi persoalan sosial di tengah masyarakat,” ungkapnya.

Dirinya mengapresiasi remaja mesjid yang menjadi pelopor terlaksananya acara Maulid Nabi tersebut. Dan Ia berharap kepada masyarakat agar mendidik anak-anak dengan ilmu agama. “Tegaknya siar agama itu harus di pelopori para pemuda. Apa lagi kampung Teluk Jering salah satu kampung tua di kecamatan Sungai Mandau yang di jadikan kampung Sakinah,” ucapnya. Di akhir sambutanya, ia berpesan bahwa makna yang paling mendasar dari peringatan Maulid adalah untuk mengevaluasi sejauh mana Uswatun Hasanah yang melekat pada diri Rasulullah SAW dapat kita teladani dan kita laksanakan dalam kehidupan sehari-hari.

“Sungguh merupakan kerugian, apabila acara seperti ini tidak mampu merubah perilaku kita ke arah yang lebih baik dari sebelumnya, baik dalam tatanan ibadah secara vertikal maupun horizontal melalui peningkatan iman dan taq’wa serta semakin tingginya kesalihan Sosial,” tegasnya. Hadir pada acara itu, Sekcam Sungai Mandau, Penghulu Teluk Jering, Ketua Lembaga Adat Melayu Riau Sungai Mandau, tokoh agama, serta ratusan masyarakat kampung Lubuk Jering.

Sumber : siakkab.go.id / 03 November 2020

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed