oleh

Ayo Kuliah di Politeknik Sriwijaya (Polsri) Kabupaten Siak

Mempura – Asisten Pemerintahan dan Kesra Sekretariat Daerah Kabupaten Siak, Budhi Yuwono menyampaikan Pemerintah Kabupaten Siak ingin di kota Siak ada lembaga pendidikan negeri yang menyelenggarakan perkuliahan, dan mudah dijangkau oleh masyarakat Siak.

Pemkab Siak saat ini sedang membuka pendaftaran Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) Program Studi Diluar Kampus Utama (PSDKU) Politeknik Sriwijaya (Polsri) di Kabupaten Siak. Jika kuota mencukupi perkuliahan akan dilaksanakan di kampus utama yang letaknya tidak jauh dari kantor Bupati.

“Namun ada keterbatasan, sejalan dengan waktu kewenangannya bukan kewenangan Pemerintah Kabupaten, sehingga kami berupaya menginisiasi berbagai macam cara bagaimana supaya pendidikan tinggi itu ada di Kabupaten Siak” ujarnya, saat membuka Sosialisasi Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) Program Studi Diluar Kampus Utama (PSDKU) Politeknik Sriwijaya (Polsri) Kabupaten Siak, bertempat di Ruang Raja Indra Pahlawan Kantor Bupati Siak, Selasa (15/2/22).

Melalui perjuangan panjang, lanjutnya, dan beberapa komitmen juga antara Pemkab Siak dengan Polsri akhirnya di tanggal 13 Oktober 202, izin operasional untuk PSDKU Polsri di Kabupaten Siak dikeluarkan.

“Tentu ini berkah tersendiri bagi kami masyarakat Kabupaten Siak, terutama Pemda Siak ingin masyarakatnya mengenyam pendidikan tinggi. Namun tahun 2021 agak berat pejuangannya untuk mendapatkan mahasiswa, karena di Bulan Oktober rata-rata mahasiswa perguruan tinggi sudah masuk kuliah semua,” ungkapnya.

Lanjut Budhi menambahkan, di tahun 2022 ini Pemkab berjuang kembali dengan harapan di tahun ajaran baru nanti mahasiswanya mencukupi untuk dilakukannya proses perkuliahan di PSDKU Polsri Kabupaten Siak.

“Kami sudah beberapa kali ke kampus melakukan pembenahan bagaimana kita berkoordinasi dengan kawan-kawan di dalam, kami berharap memang ada mahasiswa mulai tahun ini dan proses perkuliahan belajar-mengajar sudah mulai bisa kita lakukan. Tentu kami mengharapkan anak-anak Kabupaten Siak khususnya yang saat ini di Kelas III SMA, SMK, maupun MA, bisa mendaftar kuliah di PSDKU Polsri Kabupaten Siak. Makanya kami mengundang bapak-ibu disini kiranya bisa menyampaikan hal- hal baik ini ke anak-anak kita” ujarnya.

Wakil Direktur I Politeknik Sriwijaya, Carlos menyebutkan didalam pembukaan PSDKU Kabupaten Siak memerlukan perjalanan yang panjang. Diawali dengan diselenggarakannya pendidikan diluar domisili, yang merupakan cikal-bakal dari pendirian akademi komunitas di Kabupaten Siak.

“Namun karena perkembangan/dinamika dari pengembangan pendidikan khususnya pendidikan tinggi, pada tahun 2021 kita baru menerima surat keputusan dari Menteri Pendidikan Riset dan Teknologi terkait pembukaan 3 program studi. Dimana 2 program studi sarjana terapan dan 1 program studi Diploma III, untuk program studi sarjana terapan terdiri dari program studi teknik mesin produksi dan perawatan dan program studi akutansi sektor publik, sedangkan program studi Diploma III hanya 1 program studi yaitu Teknik Kimia” jelasnya.

Untuk program studi sarjana terapan, lanjutnya, Polsri bergabung dengan Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) yang telah diluncurkan pada awal Januari lalu khusus untuk penerimaan melalui jalur Seleksi Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SMNPTN).

Demikian halnya program studi Diploma III, POLSRI juga menyelenggarakan jalur undangan secara Nasional melalui seleksi masuk Politeknik Negeri yang diselenggarakan 45 Politeknik Negeri seluruh Indonesia. Dilakukan serentak, disebut dengan Seleksi Nasional Masuk Politeknik Negeri (SNMPN).

“Untuk itu saya mohon kepada Bapak dan ibu pimpinan sekolah atau pimpinan satuan pendidikan baik SMA, SMK, MA, dan MA Kejuruan, agar menyampaikan apa yang kita sosialisasikan hari ini kepada para siswa khususnya yang berada di lingkungan Kabupaten Siak” pungkasnya.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed