oleh

BBKSDA Riau Kerjasama Pengelolaan Kawasan Konservasi Dengan Pemerintah Kabupaten Siak

-Berita-104 views

Kepedulian Pemerintah Kabupaten Siak dalam mengelola kawasan konservasi di Kabupaten Siak, membuat Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Provinsi Riau menurunkan tim untuk menjalin kerjasama.

Kerjasama ini merupakan sebuah kolaborasi antara Pemerintah Pusat dan Kabupaten untuk mengembangkan bersama kawasan konservasi yang ada di Kabupaten Siak. Hal ini disampaikan Kepala BBKSDA Riau, Suharyono di Ruang Rapat Pucuk Rebung Kantor Bupati Siak, Rabu (11/4/2018).

Dalam rangkaian kunjungan Kerja BBKSDA Riau juga dibahas pengelolaan Taman Wisata Alam yang ada di Kabupaten Siak yaitu Taman Nasional Zamrud, Taman Burung dan Penangkaran Rusa. TNZ (Taman Nasional Zamrud) menjadi perhatian khusus dalam pembahasan ini, karena kawasan ini termasuk dalam rencana pembagian zona pemanfaatan diantaranya zona konservasi, zona perumahan pemukiman (home stay), zona rekreasi, zona galeri dan workshop, zona cafe (kuliner) hingga zona akomodasi.

Diterangkan pula oleh Kepala BBKSDA Provinsi Riau bahwa pola pengembangan yang akan dilakukan di kawasan konservasi tidak hanya berkonsentrasi kepada kegiatan wisata massal tetapi berorientasi pada kegiatan dengan minat khusus bukan untuk mendatangkan orang sebanyak-banyaknya. Konsep wisata yang akan dijalankan juga harus menyesuaikan dengan kondisi alam sekitar sehingga alam tidak lagi menjadi korban.

Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Siak Dr. Fauzi Asni mengatakan, dari luas lebih kurang 31.000 hektar kawasan Taman Nasional Zamrud, lebih kurang 1.300 hektar telah diberikan oleh Kementerian Kehutanan sebagai zona pemanfaatan lahan dan zona khusus yang dapat dimanfaatkan sebagai ruang usaha dan ruang publik. Dalam pemanfaatannya pun tidak mengganggu kelestarian hutan tetapi mampu memberikan kenyamanan ataupun edukasi bagi para pengunjung. Hal ini memungkinkan TNZ sebagai lokasi tujuan wisata di masa yang akan datang.

Sumber : Humas Kab. Siak, 12 April 2018

Editor Narasi : eq_medcen

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed