oleh

Begini Harapan Rasidah Usai Menyerahkan Sertifikat IDL Bagi Orang Tua dan Balita Di Koto Gasib

Koto Gasib – Ketua TP PKK Kabupaten Siak Rasidah Alfedri mengapresiasi kegiatan Peluncuran Sertifikat Imunisasi Dasar Lengkap (IDL) Program Dinas Kesehatan Kabupaten Siak yang ditaja oleh Puskesmas Koto Gasib, Selasa 12 April 2022.

“Peluncuran sertifikat IDL ini dalam kegiatan Pekan imunisasi dunia yang merupakan salah satu kegiatan acara Bulan Imunisasi anak nasional,” kata Rasidah usai menyerahkan sertifikat IDL, di Gedung Putri Kaca Mayang, Koto Gasib.

Ia menyampaikan, tujuan dari peluncuran sertifikat IDL tersebut adalah untuk meningkatkan capaian Imunisasi dasar lengkap di Kabupaten Siak.

“Mudah-mudahan ini bisa menjadi motivasi untuk orang tua yang memiliki balita aga bisa melaksanakan imunisasi dasar lengkap bagi anaknya,” harapnya.

Kepala Puskesmas Koto Gasib dr. Dian Rukmana mengatakan, tujuan pemberian sertifikat IDL itu adalah sebagai bentuk Penghargaan kepada orang tua, karena telah membawa anaknya ke posyandu dan telah mendapatkan Imunisasi dasar lengkap.

Dijelaskannya, imunisasi dasar lengkap tersebut meliputi Imunisasi BCG, hepatitis B, campak, Defteri, Pertusis, dan Tetanus. Cakupan imunisasi pada anak, baik pada program Imunisasi Nasional maupun yang dilakukan oleh fasilitas kesehatan lainnya, pada umumnya menurun. Penurunan cakupan imunisasi di akibatkan adanya pandemi COVID-19 yang membuat orang tua takut mengimunisasi anaknya.

Selain itu masih tingginya masyarakat yang tidak percaya terhadap program Imunisasi untuk Balita.

“Jadi dengan adanya sertifikat ini, kami berharap animo masyarakat semakin meningkat untuk membawa anaknya ke posyandu dan untuk melengkapi imunisasi dasarnya,” sebut Dian.

Sertifikat ini lanjut dia, akan berguna nantinya untuk anak-anak masuk sekolah. Kemudian, peluncuran sertifikat IDL tersebut adalah program dari Dinas Kesehatan Kabupaten Siak.

Ia berharap setiap kader posyandu diwilayahnya melakukan penyuluhan-penyuluhan kepada masyarakat agar anak-anak balitanya diberikan imunisasi dasar lengkap.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed