oleh

Bupati Siak, Alfedri membuka Rembug Paripurna kelompok Kontak Tani Nelayan Andalan (KTNA) Kabupaten Siak Tahun 2020

Siak, Minggu (13/12/2020) Bupati Siak, Alfedri membuka Rembug Paripurna kelompok Kontak Tani Nelayan Andalan (KTNA) Kabupaten Siak Tahun 2020, di Gedung Tengku Mahratu. Diawal sambutannya, Ia tersentuh dengan lirik lagu Mars KTNA, karena memiliki makna yang sangat dalam. Seperti pada lirik “berjuang dengan semangat kebersamaan dan berupaya memberantas kemiskinan dan berupaya mencapai kesejahteraan masyarakat.”

Alfedri mengatakan, “Keberadaan KTNA ini sangat penting, menjadi mitra strategis pemerintah dalam mewujudkan kedaulatan pangan dan mewujudkan swasembada pangan”. Menurutnya, Rembug Paripurna KTNA ialah sebagaimana musyawarah sebuah organisasi, yang mengandung makna strategis dalam rangka merencanakan dan mempersiapkan organisasi untuk mampu memberikan peran yang berarti bagi Kabupaten Siak. “Apa yang dibuat oleh KTNA Kabupaten Siak selama ini patut di apresiasi. Kalau saya bilang “patut diacungkan dua jempol” ungkapnya.

Ia berharap Kabupaten Siak bisa swasembada beras, yang didukung oleh mitra pemerintah dan masyarakat. Hal ini didukung banyaknya masyarakat yang beralih untuk menanam padi maupun hortikultura. Sebelumnya Wakil Sekjen KTNA Nasional Kusyanto menyampaikan, peran KTNA sebagai pemberi masukan bagi pemerintah, khususnya pertanian dan perikanan. Kemudian peran KTNA adalah sebagai partner pemerintah dalam menyukseskan program-program pemerintah dibidang pertanian dan perikanan. Ditempat yang sama, Ketua KTNA Kabupaten Siak Ariana Ramelan menambahkan, KTNA adalah kontak tani yang diandalkan dan dipilih secara periodik menurut kesepakatan, oleh para kontak tani-nelayan dalam mewakili aspirasi petani maupun nelayan.

Fungsi kelompok KTNA adalah sebagai wadah musyawarah petani-nelayan dan sebagai mitra kerja pemerintah dalam pembangunan pertanian. Sesuai dengan fungsi tersebut, kelompok KTNA diarahkan untuk mampu berperan meningkatkan dan mengembangkan kemampuan para anggotanya. “Alhamdulillah, untuk prestasi KTNA Kabupaten Siak pernah menyabet juara 3 di Pekan Daerah KTNA tingkat Provinsi Riau tahun 2019 kemarin”, ujar Ariana Ramelan. Sebagai mitra kerja pemerintah, lanjutnya, KTNA juga sebagai penyuluh pertanian secara swadaya dan menjadi penghubung antara pemerintah dengan petani dalam kegiatan pembangunan pertanian maupun perikanan. (McSiak/Sy)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed