oleh

Bupati Siak Alfedri: Segera Tingkatkan Kualitas Pelayanan Umum RSUD Tengku Rafian

SIAK SRI INDRAPURA (MC) – Pasca diraihnya sertifikat akreditasi paripurna bintang lima, RSUD T Rafian Siak saat ini dalam hal sertifikasi telah dinyatakan setara dengan sejumlah rumah sakit ternama lainnya di Indonesia seperti RS Cipto Mangunkusumo Jakarta dan RS Awal Bros Pekanbaru.

Hal itu dikatakan Direktur RSUD Tengku Rafian Kabupaten Siak, dr Beni Chairuddin, dalam sambutannya pada syukuran perolehan akreditasi paripurna dihalaman RSUD Tengku Rafian, Senin (22/7/2019).

Status akreditasi ini kata dia, diberikan atas dasar penilaian yang dilakukan lembaga independen yang ditunjuk Kementerian Kesehatan, untuk menilai rumah sakit yang ada diseluruh Indonesia. Artinya, standar penilaian sebut Beni sama untuk seluruh rumah sakit yang ada di Indonesia.

“Rumah sakit ini saat ini sudah setara dengan RSUD Arifin Ahmad, Awal Bross, dan Cipto Mangunkusumo Jakarta yang sama-sama berpredikat paripurna untuk standarisasinya” kata Benny.

Turut hadir pada acara tersebut, Bupati Siak Alfedri didampingi Asisten Administrasi Umum Jamaluddin, DPRD Kabupaten Siak, Ketua LAMR Siak, Rektor Universitas Abdur Rab beserta para wakil dan Dekan, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Siak, dan pimpinan OPD, pimpinan perusahaan serta hadirin undangan lainnya.

“Alhamdulillah kita bisa langsung ketahapan Paripurna, melampaui tingkat dasar, madya, dan utama” kata Beni.

Prestasi ini kata dia bisa dicapai karena kemauan dan kerjakeras bersama dan doa serta dukungan masyarakat Kabupaten Siak. Disatu sisi sebutnya pencapaian ini sesuatu yang membanggakan, namun disisi lain merupakan beban moral bagi jajaran RSUD untuk mempertahankan dan meningkatkan mutu pelayanannya.

Namun juga harus diakui kata dia, bahwa dengan diterimanya prediket paripurna tersebut bukanlah menjadikan Segala sesuatu otomatis sempurna,mengingat standar penilaian untuk kategori paripurna nilainya minimal 80.

“Untuk RSUD Siak ini meskipun nilainya sudah diatas 80 persen, masih ada pekerjaan lainnya yang masih harus diselesaikan. Seperti, keluhan-keluhan dari masyarakat terkait kurangnya kualitas pelayanan” sebut dia.

Beni juga menyampaikan target yang hendak dicapai oleh RSUD Tengku Rafian Kabupaten Siak kedepan, yaitu berupaya untuk tetap bisa bertahan di tingkat akreditasi paripurna dengan nilai yang lebih baik, selain itu kemudian ditunjuk sebagai rumah sakit regional oleh Provinsi Riau.

Sementara itu Bupati Siak Alfedri mengaku bangga dan bahagia dengan prestasi itu, meskipun kata dia dengan raihan predikat paripurna bukan berarti semuanya sudah sempurna. Berbagai kekurangan itu sebutnya harus segera diatasi dengan baik.

“Tidak mudah memang untuk meraih prediket ini dan kita sudah menanti sejak 2005 lalu. Alhamdulillah prediket ini diterima dengan luar biasa karena bisa langsung mendapat standar penilaiam tertinggi dan tidak melalui tahapan” kata Alfedri.

Pemimpin Siak itu juga minta, agar pihak RSUD fokus membenahi segala sesuatu pelayanan yang dirasakan belum baik, agar dilakukan pembenahan.

“Tentunya kita harus siap dikritik untuk masukan agar pelayanan semakin lebih baik” ucapnya.

Pada kesempatan itu Bupati menyerahkan penghargaan kategori karyawan terbaik dan cenderamata kepada pasien cuci darah. Apresiasi kepada pasien ini sebagai ungkapan terimakasih kepada pasien yang telah rutin melakukan pemeriksaan, serta upaya untuk membangun hubungan kekeluargaan. (rls*)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed