oleh

Bupati Siak : Kita Harus Tiru Berkahnya Turki

Kemajuan Pesat yang dicapai Turki dewasa ini di kancah Internasional, menginspirasi pemimpin Negeri Istana untuk turut menjadikan cerita sukses kepemimpinan Presiden Erdogan sebagai iktibar. Menurutnya, beberapa hal yang harus ditiru dari Turki misalnya bagaimana dakwah kekuasaan untuk ummat dan meningkatkan kesejahteraan adalah dua hal yang tak dapat dipisahkan. Hal tersebut disampaikannya bersempena pelaksanaan Halal Bi Halal Pemerintah Kabupaten Siak bersama masyarakat di Siak Sri Indrapura, (26/6/18).

“Turki kini telah menjelma menjadi negara maju dan sejajar dengan Amerika. Saya pernah mendengar langsung presentasi Walikota dari Turki di suatu acara di Banda Aceh. Mereka pariwisatanya amat maju, pandai mengemas budaya sehingga menjadi daya tarik pariwisata. Angka kunjungan wisatawannya kini lebih banyak dari jumlah masyarakat. Berkahnya ada pada anak-anak mudanya cinta masjid dan tradisi bersedekah amat hidup di negara itu”, sebutnya.

Dijadikannya cerita sukses Turki sebagai acuan, tak terlepas dari visi dan potensi Kabupaten Siak yang memiliki persamaan dengan Negara bekas Kesultanan Turki Utsmani itu. Diantaranya kemiripan latar belakang sebagai negeri bersejarah yang pernah dipimpin Kesultanan Islam, generasi muda yang tumbuh dengan alam berfikir yang maju serta kekayaan potensi pariwisata berbasis sejarah budaya dan religi.

“Kita kalau mau cerita peningkatan ekonomi tetapi ibadah kita belum meningkat, ya mustahil rasanya. Di satu sisi kesadaran berzakat sudah luar biasa di Siak, angka keberangkatan jamaah umrah juga sangat tinggi sampai travel umrah bertumbuh hingga kecamatan-kecamatan. Namun budaya bersedekah juga perlu kita hidupkan, sebagaimana dahulu misalnya ada tradisi sedekah pisang. Demikian juga gerakan memakmurkan masjid khususnya anak muda juga perlu kita galakkan”, kata Syamsuar.

Untuk menggerakkan kaum muslimin bersedekah dan anak muda ini di Siak semakin dekat dengan masjid, Bupati Siak dalam kesempatan itu menugaskan jajaran terkait di lingkungan Pemkab untuk bekerja sama dengan LAMR Kabupaten Siak dan Kemenag untuk melakukan pendekatan dakwah dengan anak muda.

“Di Siak ini dana pengumpulan zakatnya kita terbesar di Riau, untuk gerakan wakaf kita juga sudah hidup. Desa Sakinah kita punya, mari kedepan kita hidupkan gerakan bersedekah untuk menggerakkan ekonomi bangsa serta mengajak anak-anak muda kita agar semakin dekat dengan Masjid. Kalau masjid ramai terus seramai Bulan Suci Ramadhan, Insya Allah senantiasa turun berkah untuk negeri kita”, ajak Bupati Siak.

Dalam majelis Silaturrahim dan Halal Bi Halal Pemkab Siak bersama masyarakat yang digelar di panggung Siak bermadah tersebut, turut hadir sejumlah pejabat daerah dan tokoh masyarakat. Diantaranya Wakil Bupati Siak Drs. H. Alfedri, M.Si, Ketua DPRD Kabupaten Siak Indra Gunawan, Ketua LAM RIAU Kabupaten Siak Wan Said, sejumlah pimpinan OPD di lingkungan Pemkab Siak dan Forkopimda serta diramaikan berbagai lapisan masyarakat.

Sumber : Humas Kab. Siak, 29 Juni 2018

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed