oleh

Bupati Siak Launching E-Puskesmas Sekaligus Membuka Pelatihan E-Puskesmas

Saat ini merupakan era perkembangan teknologi informasi dan digital. Hampir semua sektor yang ada dan gaya kehidupan masyarakat mulai berubah, beriringan dengan itu, untuk menjawab peningkatan layanan publik di sektor kesehatan harus adanya inovasi teknologi yang secara langsung akan dirasakan manfaatnya oleh masyarakat luas. Hal itu yang disampaikan Bupati Siak Drs. H. Syamsuar, M.Si pada  launching E-Puskesmas di Hotel Grand Mempura, Selasa (25/7/17).

Selain itu, menurut Bupati Siak dengan hadirnya sistem E-Puskesmas akan memudahkan Dinas Kesehatan dalam merekap laporan dibidang kesehatan, serta tujuannya memberikan kemudahan kepada masyarakat dalam melakukan pendaftaran, melihat antrian pasien di puskesmas serta tentunya juga langsung bisa berkonsultasi kesehatan secara gratis dengan dokter. Sistem ini diterapkan untuk mempermudah masyarakat atau pasien dalam mendapatkan kesehatan di puskesmas se-Kabupaten Siak.

“Kehadiran sistem informasi ni merupakan sebuah bentuk terobosan untuk percepatan teknologi informasi kesehatan Kabupaten Siak pada khususnya. Semoga pemerintah Provinsi Riau dalam hal ini memberikan support dan dukungan untuk kemajuan dan manfaat yang dirasakan langsung oleh masyarakat luas, sehingga disetiap puskesmas akan meningkat kualitasnya untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat,” ucap Bupati Siak.

Bupati Siak juga berharap melalui Dinas Kesehatan serta puskesmas bisa memaksimalkan penggunaan dari sistem ini dan mendorong kegiatan yang nanti akan menghasilkan sumber data yang akurat dan akuntable disetiap bidangnya.

Hal yang senada juga disampaikan Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Siak Drg. H. Raja Toni Candra, Puskesmas merupakan garda terdepan dalam memberikan pelayanan kesehatan bagi masyarakat. Untuk itu, agar mempermudah perencanaan program kesehatan, maka E-Puskesmas sangat dibutuhkan, sehingga direncanakan seluruh puskesmas akan diberlakukan dengan tujuan mempermudah Dinas Kesehatan memantau baik dalam data maupun yang lainnya.

“E-Puskesmas dapat digunakan untuk mencari solusi yang berbasis internet dengan tujuan mewujudkan pelayanan kesehatan yang baik untuk masyarakat, dengan cara mendaftarkan secara langsung di smartphone. Selain itu, E-Puskesmas adalah aplikasi yang dikembangkan untuk memenuhi kebutuhan pencatatan data secara digital. E-Puskesmas merupakan sistem terintegrasi yang mengimplementasikan aplikasi berbasis desktop dengan aplikasi berbasis online (website). Aplikasi berbasis desktop (E-Puskesmas Client Desktop) digunakan oleh puskesmas untuk melakukan pencatatan data pelayanan sehari-hari mulai dari data pasien, rekam medik, obat dan masih banyak lagi dengan dukungan berbagai fitur menarik. Pada aplikasi online E-Puskesmas mempunyai aplikasi  E-Puskesmas Client Website dan Reporting System,” jelas Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Siak.

Diakhir acara dilakukannya penekanan tombol sirinei secara simbolis oleh Bupati Siak yang didamping Kepala Dinas Kesehatan, dan General Manager PT. Telkom Munawir tanda di launchingnya E-Puskesmas sekaligus membuka pelatihan E-Puskesmas.

Sumber : Humas Kab. Siak, 25 Juli 2017

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed