Bupati Siak Panen Melon Tukang Las Yang Banting Setir Jadi Petani Melon

Bupati Siak Drs. H. Syamsuar, M.Si bersama Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Siak Hj. Misnarni Syamsuar berkesempatan melakukan panen melon milik Ahmad Sanaan, warga Kampung Sialang Sakti, Kecamatan Dayun, Minggu (22/10).

Tampak juga hadir bersama Bupati Siak, Kadis Pertanian Ir. H. Budiman Safari, Camat Siak Desi Fefianti, bersama sejumlah warga kampung yang ikut menyaksikan panen.

Bupati Siak menilai, fokus terhadap pertanian seperti ini menjanjikan hasil yang sangat menggiurkan. Beliau mengatakan agar usaha seperti ini hendaknya mampu menggerakkan warga lainnya. Beliau mengakui saat ini telah banyak warga Kabupaten Siak khususnya yang telah memilih usaha pertanian yang tidak lagi mengandalkan sawit semata.

Ahmad Sanaan, warga Kampung Sialang Sakti, Kecamatan Dayun menjadi salah seorang dari sekian banyak orang yang memilih fokus menjadi petani. Berawal dari bekerja sebagai tukang las dan telah memiliki bengkel sendiri, Ahmad Sanaan justru banting setir menjadi petani melon yang sudah panen untuk musim tanam yang kedua.

Awalnya pada tahun 2015 silam, ahmad sanaan mengaku menanam berbagai jenis palawija seperti jagung & kacang-kacangan. Namun untuk tahun ini dirinya mengaku akan fokus terhadap buah melon. Hal ini dilakukannya setelah melalui uji coba untuk periode tanam yang sebelumnya.

“Awalnya saya bengkel, tukang las. Jadi mulai tahun 2015 itu saya kemudian coba-coba tanam palawija, sampai akhirnya kemaren saya coba tanam melon. Awalnya saya dulu tanam kacang, jagung dan ganti-gantian. Ternyata hasilnya lumayan, walaupun saya ini masih tahap belajar. Melon ini hasilnya menurut saya cukup menjanjikan,” ungkap Ahmad.

Melon milik anggota Kelompok Tani Tunas Maju Ahmad Senaan seluas 10×20 M2 termasuk sebagai salah satu wirausaha masyarakat untuk memanfaatkan lahan perkarangan rumah. Namun demikian dikatakan Ahmad Sanaan, panen ini adalah yang kedua kalinya. Ia juga telah menyiapkan lahan sekitar 30×25 M2 untuk penanaman berikutnya.

“Untuk lahan seluas ini saja bisa mencapai 1 ton panen nya. Jadi saya pikir ini sangat menggiurkan untuk para petani kedepannya,” ungkap Ahmad Sanaan.

Sumber : Humas Kab. Siak, 23 Oktober 2017

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *