oleh

Bupati Siak Serahkan Sejumlah Penghargaan Pada Peringatan Hari Ibu Ke-90

-Berita-37 views

Siak – Penyerahan penghargaan itu dilaksanakan usai apel Peringatan Hari Ibu ke-90 tahun 2018, Hari Bela Negara dan Hari Nusantara yang berlangsung di lantai 2 Kantor Bupati Siak. 

Pelaksanaan peringatan hari ibu ke-90 tingkat Kabupaten Siak mengambil tema ”Bersama meningkatkan peran perempuan dan laki-laki dalam membangun ketahanan keluarga untuk kesejahteraan bangsa”. Kegiatan tersebut diikuti oleh unsur TNI, Polri, ASN dan Honorer.

Pada kesempatan itu Bupati Siak menyerahkan 10 penghargaan kepada pemenang lomba BKB, UPPKS, KBLestari dan PIK R/M tingkat Kabupaten Siak. Hadir pada acara itu Wakil Bupati Siak Drs. H. Alfedri, M.Si, unsur Forkopimda Kab. Siak dan pimpinan organisasi perangkat daerah.

Kelompok Bina Keluarga Balita (BKB) Putri Sejati Kampung Sabak Permai Kecamatan Sabak Auh berhasil meraih peringkat pertama pada lomba kelompok kegiatan BKB, UPPKS dan PIK R/M tingkat Kabupaten Siak.

Ketua Kelompok BKB Putri Sejati Khusnul Khotimah saat ditemui usai acara menyampaikan ungkapan senang dan rasa syukurnya.

“Alhamdulillah kerja sama yang rutin kami lakukan ini membuahkan hasil”, ungkap Khusnul Khotimah,Senin (17/12/2018) di lantai II Kantor Bupati Siak.

Diakuinya para kader BKB yang berjumlah 18 orang tersebut rutin melakukan kegiatan gotong-royong  dan kerja sama dalam memecahkan masalah.

“BKB kami ini sistemnya bergabung dengan Posyandu dengan sasaran 1 kampung yaitu sebanyak 147balita”, ujar Khusnul Khotimah.

Menurutnya, masyarakat sangat antusias untuk mengikuti program dari pemerintah tersebut. Artinya,dampak dan manfaat dari BKB sangat dirasakan oleh masyarakat Kampung Sabak Permai.

Dalam kesempatan itu, dirinya mengajak seluruh kader BKB se Kabupaten Siak untuk terus semangat. “Ayo kitakerja keras dan lebih semangat lagi”, ajaknya.

Suka dan duka yang dijalani oleh Khusnul Khotimah berkecimpung di BKB dimulai sejak tahun 2011 yang langsung menjadi kader inti dan menjadi ketua BKB Putri Sejati dari tahun2017.

Menurut perempuan 42tahun itu menjadi kader BKB adalah tugas hati nurani, bekerja secara sukarela dalam membina dan memberikan penyuluhan kepada orang tua balita dan anak tentang bagaimana cara merawat anak dengan baik dan benar.

“Ini adalah wadah kegiatan keluarga yang memiliki balita dan anak untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan orang tua dan keluarga”, sebutnya.

Sementara Kepala DP3P2KB Kab. Siak Rubiati mengatakan, pihaknya rutin melakukan pembinaan terhadap kelompok BKB di seluruh Kecamatan.

Di samping itu katanya, keluarga menjadi modal utama dalam kegiatan BKB ini karena keluarga merupakan kunci utama dalam menyiapkan anak yang berkualitas.

“Keluarga berperan dalam memenuhi kebutuhan dasar anak sejak dalam kandungan seperti asuh, asih dan asah”, sebutnya.

Ia menjelaskan, begitu pentingnya BKB karena program BKB merupakan upaya untuk meningkatkan pengetahuan orang tua dan anggota keluarga lainnya dalam pengasuhan agar anak tumbuh dan berkembang secara optimal melalui interaksi orang tua anak secara efektif.

Sumber : MC Kab. Siak, 18 Desember 2018

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed