oleh

Camat Minas Bersama Dinkes Siak Lakukan Sidak Takjil Ramadan

Minas,(MC) – Dalam rangka mengantisipasi adanya jajanan takjil yang mengandung bahan kimia berbahaya, maka Camat Minas Hendra Adi Nugraha bersama Dinas Kesehatan Kabupaten Siak melakukan inspeksi mendadak (Sidak) terhadapa pedagang penjual jajanan berbuka puasa di Pasar Atas Kecamatan Minas. Kamis sore (09/05/19).

Dengan adanya Sidak takjil ini, tentunya diharapkan tak ada lagi pedagang nakal yang berani menjual takjilnya ada bahan yang berbahaya terhadap kesehatan manusia seperti mengandung formalin/pengawet. Saat pelaksanaan Sidak, petugas tampak mengumpulkan sampel makanan untuk dikirim guna dilakukan uji laboratorium di Siak.

“Sidak ini kita lakukan guna mengantisipasi secara dini maupun menjaga, mana tau ada pedagang nakal yang menjual daganganya mengandung bahan berbahaya bagi kesehatan, seperti menggunakan pewarna makanan yang berbahaya, ataupun pengawet dan zat lainnya yang dapat membahayakan masyarakat”, kata camat hendra.

Kegiatan ini kami anggap penting di saat momen bulan ramadan ini saling ingat mengingatkan kepada kebaikan ditengah masyarakat, dan dianggap perlu untuk melakukan pengecekan ini langsung bersama Dinas Kesehatan kabupaten Siak Melalui Puskesmas Minas.

Dikatakan camat Hendra,”Terkadang memang penjual takjil tersebut tidak ada niat untuk melakukan hal-hal sedemikian rupa, Namun kata dia yang di khawatirkan, penjual Takjil membeli bahan baku untuk di olah menjadi takjil tersebut sebagai sumber awalnya”.

Namun kata camat Hendra, tidak menutup kemungkinan bisa jadi memang niat penjualnya sendiri untuk mencari untung besar, sehingga berdampak merugikan kesehatan orang lain.

“Hari ini kita mengumpulkan sampel, kemungkinan besok sudah ada hasilnya untuk dapat kita ketahui, jika ada di temukan nanti jajanan yang menggunakan bahan berbahaya tegas kita nyatakan akan kita tindak tegas dan pembinaan”, kata hendra.

Tentunya kita berharap agar kiranya di kecamatan Minas tidak ada ditemui hal seperti itu, yakni jajan takjil mengandung bahan berbahaya, dan juga menghimbau kepada masyarakat terhadap hal-hal yang tidak kita ingini bersama-sama, baik itu kepada penjual maupun pembeli.

Selamat menjalankan ibadah puasa ramadan dan mari kita jadikan bulan yang penuh rahmat ini sebagai ladang amal kita dalam mencari rizeki yang halal dan baik tentunya. (MC.Siak/doliwtr/idrisH)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed