oleh

Dekranasda Siak Gelar Pelatihan Desain Batik dan Pewarnaan Batik Tulis

Siak Sri Indrapura – Ketua Dekranasda kabupaten Siak Rasidah Alfedri membuka pelatihan desain batik dan pewarnaan batik tulis untuk masyarakat umum di Gedung Wanita Siak Sri Indrapura, Senin, (21/03/2022).

Turut hadir, Wakil Ketua Dekranasda Kabupaten Siak, Ananda Laila Putri, Kadis Dinas Transmigrasi dan Tenaga Kerja Kabupaten Siak Amin Budyadi, Kadis Pariwisata Fauzi Azni, Ketua Dharma Wanita Persatuan Syarifah Raudah, Perwakilan PT TGI RO III, narasumber Desainer batik dari Yogyakarta Dina Isfandiary.

Kegiatan ini terlaksana berkat kerjasama antara Dekranasda kabupaten Siak, Dinas Transmigrasi dan Tenaga Kerja Kabupaten Siak dengan PT TGI RO III Pekanbaru. Pelatihan ini mendatangkan instruktur desainer batik dari Yogyakarta Dina Isfandiary, yang dimulai dari tanggal 21 hingga 25 Maret 2022.

Rasidah dalam sambutannya menyampaikan, bahwa batik merupakan wujud dari hasil cipta dan karya seni yang diekspresikan pada motif kain yang telah terkenal hingga ke manca negara.

“Batik ini merupakan salah satu industri ekonomi kreatif tanah air, yang sangat menjanjikan,” katanya.

Menurutnya, batik Siak mendapat apresiasi positif dari masyarakat, karena batik Siak tidak hanya di pakai oleh masyarakat kabupaten Siak tapi juga dari luar kabupaten Siak.

“Salah satunya dosen-dosen di Institut Tazkia Bogor sudah memesan bahan batik Siak, kemudian guru-guru Paud, TK hingga SMP termasuk beberapa perusahaan dan Bank daerah,” sebut Rasidah.

Pihaknya juga menampung hasil produksi pelaku UMKM dan kelompok-kelompok batik yang ada di kabupaten Siak. Kemudian selanjutnya melakukan perbaikan-perbaikan desain dan dengan kualitas yang baik.

Mantan guru SMA 1 Siak ini menyampaikan ucapan terimakasih kepada pihak perusahaan yang telah memberikan bantuan, dan sinergi dari Dinas Transmigrasi dan Tenaga Kerja kab Siak yang telah menjembatani pelatihan.

Dirinya berharap, batik Siak desainnya semakin bagus dan berkualitas sehingga peminatnya semakin bertambah bukan hanya masyarakat lokal tapi masyarakat internasional.

Pelatihan membatik ini diikuti oleh anak-anak muda yang baru selesai sekolah, yang berasal dari Sabak Auh, Mempura, Sungai Apit, Siak dan sebelumnya sudah dilakukan pengumuman dan seleksi.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed