oleh

Dinas Kesehatan Siak Helat Penyuluhan Kesehatan Berbasis Masyarakat

Kandis (MCS) – Dinas Kesehatan Kabupaten Siak lakukan kegiatan Penyuluhan dan Pembinaan Pemberdayaan Masyarakat dengan Usaha Kesehatan Berbasis Masyarakat (UKBM), bertempat di aula Gedung Kecamatan Kandis, Selasa, (19/03).

Dr Aulia Kalista Kepala Puskesmas Kandis menyampaikan kepada pengurus PKK dan Kader Kesehatan Kelurahan/Kampung, dalam kegiatan ini lebih difokuskan kepada upaya Surveilans Berbasis Masyarakat, dalam hal Darurat Kesehatan dan Penanggulangan Bencana serta Penyehatan Lingkungan.

Surveilans berbasis Masyarakat adalah pengamatan dan pencatatan penyakit yang di lakukan oleh masyarakat/kader dalam bimbingan oleh tenaga kesehatan, dengan berpedoman pada petunjuk teknis Kementerian Kesehatan.

Kegiatan yang di lakukan adalah berupa Pengamatan dan pemantauan penyakit terhadap kesehatan ibu dan anak, Gizi serta lingkungan dan perilaku kesehatan masyarakat, dan respon cepat terhadap pelaporan 1 x 24 jam kepada petugas kesehatan, maka akan di lakukan Pencegahan dan penanggulangan terhadap masalah kesehatan dan mencegah kematian.

Penyehatan lingkungan adalah upaya-upaya yang dilakukan oleh kader bersama masyarakat untuk menciptakan memelihara lingkungan Kampung/kelurahan dan permukiman agar terhindar dari penyakit dan masalah kesehatan.

Giat ini untuk masyarakat di Kecamatan Kandis karna telah dijadikan sebagai daerah rawan bencana dan masuk dalam kawasan kampung/Kelurahan yang dikategorikan sebagai kawasan kumuh, karna perilaku masyarakatnya yang kurang peduli terhadap lingkungan, Semoga dengan adanya penyuluhan ini dapat menjadikan tingkat kesadaran Masyarakat Kecamatan Kandis berubah pola kepada kategori sehat Sehat. (MCSiak/doliwtr/IdrisH)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed