oleh

Dispar Siak dan Dispar Provinsi Riau Taja Festival Layang-layang Tradisional di Bungaraya Siak

Sebanyak 69 tim layang-layang dari Pekanbaru, Dumai, Bengkalis, Sumatera Barat dan Kabupaten Siak mengikuti Festival Layang-layang Tradisional I se-Provinsi Riau tahun 2018 yang dipusatkan di Kecamatan Bungaraya, Kabupaten Siak.

Acara yang dipusatkan di Kecamatan Bungaraya itu juga sekaligus mempromosikan agrowisata yang ada di sana. Dimana, Kecamatan Bungaraya memiliki hamparan sawah yang luas dan subur serta pertanian lainnya.

Camat Bungaraya melalui sekretarisnya, Soimin SH, M.Si selaku Ketua Tim Agrowisata Bungaraya memberikan informasi bahwa ivent festival layang-layang ini merupakan program Pemerintah Provinsi Riau melalui Dinas Pariwisata Provinsi Riau bekerja sama dengan Dinas Pariwisata Kabupaten Siak bersama Komunitas Layang-layang Kabupaten Siak dan Tim Agrowisata Bungaraya.

“Tim dari Kabupaten Siak diwakili oleh peserta dari Kecamatan Siak, Sabak Auh, Sungai Apit, Pusako, Mempura, Minas dan Bungaraya sendiri sebagai panitia pelaksana acara ini”, kata Soimin, Sabtu (25/8/2018).

Ia menjelaskan dipilihnya kawasan agrowisata di Kecamatan Bungaraya menjadi tuan festival layang-layang tradisional yang pertama ini sudah dengan penuh pertimbangan kelayakan lokasi dan angin yang mendukung berdasarkan survei kunjungan tim Dinas Pariwisata Provinsi Riau.

Selaku ketua tim agrowisata bungaraya ia sangat berharap festival layang-layang ini akan menjadi event agrowisata yang akan menjadi event tetap tahunan di Provinsi Riau.

“Agrowisata Bungaraya sebagai kawasan pendukung kota Istana Siak Sri Indrapura sangat siap untuk ditunjuk kembali sebagai tuan rumah lokasi festival, kami berharap wisata budaya festival layang-layang tradisional ini menjadi event tetap di kawasan Agrowisata Kecamatan Bungaraya”, pungkasnya.

Pantauan di lapangan ribuan pengunjung sangat antusias berbaur dengan tim peserta baik saat lomba dan malam apresiasi malam tadi yang dihadiri oleh Kadis Pariwisata Provinsi Riau beserta jajaran bersama Kadis Pariwisata dan Kadis Pertanian Kabupaten Siak serta Upika, penghulu, tokoh adat, masyarakat/pemuda dan Pokdarwis Kecamatan Bungaraya.

Peserta yang berhasil menjadi pemenang dan berhak menerima hadiah trofi, sertifikat dan uang jutaan rupiah adalah asal peserta dari Bengkalis, Dumai dan Kecamatan Bungaraya Kabupaten Siak.

 Sumber : MC Kab. Siak, 27 Agustus 2018

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed