oleh

Event Tour De Siak 2018 Magnet Bagi Turis Manca Negara

Siak – Bupati Siak Drs. H. Syamsuar, M.Si pada acara Grand Opening Tour de Siak tahun 2018 yang berlangsung di pentas Siak Bermadah Senin malam (17/9/2018) mengatakan, event (TDSi) yang dilaksanakan tahun ini merupakan event berskala Internasional tahunan, tahun ini juga Tour de Siak masuk ke dalam kalender Union Cycliste Internationale (UCI).

Bapak Gubernur Arsyadjuliandi Rachman menyatakan dukungan, tahun depan (TDSi) akan dikembangkan rutenya, melintasi kabupaten kota yang ada di Riau serta merangkai berbagai potensi objek pariwisata yang ada di bumi lancang kuning.

“Insya Allah rute Tour de Siak tahun depan akan kita tingkatkan, melintasi kabupaten kota yang ada di Riau agar objek wisata yang ada dapat ter eksplore, bahkan menyeberangkan para pembalap dalam etape khusus ke negeri jiran Malaysia tahun depan segera terwujud”, ungkap Syamsuar.

Kata Syamsuar lagi, (TDSi) tahun ini merupakan tahun yang ke enam, dimana Pekan Siak sebagai tuan rumah akan berupaya terus dari tahun ke tahun pelaksanaannya mengalami penyempurnaan. Agar event sport tourism ini gaungnya sampai ke luar negeri sehingga Kabupaten Siak di kenal juga kunjungi turis manca negara.

“Pemerintah Kabupaten Siak dalam pagelaran Core Event Pariwisata olahraga sepeda yang berskala International ini, memiliki harapan event ini dapat sejajar dengan Tour de Singkarak, Tour de Ijen”, kata Bupati Siak Syamsuar.

Pada tahun 2018 ini, Tour de Siak mampu menjadi magnet tersendiri dari Tim Asing yang ingin berlaga di event Tour de Siak Kabupaten Siak. Sesuai data yang masuk, sebanyak 19 tim yang ingin berkompetisi di event Tour de Siak 2018 setelah Dinas Pariwisata Siak melakukan evaluasi, Tim Asing yang ikut menjadi 9 Tim sedangkan untuk Tim Dalam Negeri sebanyak 5 Tim.

“Harapan kita melalui event Tour de Siak 2018 ini yang berskala Internasional, bisa menjadi alat promosi kita untuk mengenalkan Pariwisata Daerah yang ada di Kabupaten Siak, baik secara Nasional maupun Internasional. Tujuan utama pemerintah tentunya meningkatkan kunjungan wisatawan lokal maupun wisatawan mancanegara datang di Kabupaten Siak”, harapan Syamsuar.

Sementara itu Gubernur Arsyadjuliandi Rachman mengatakan, kita mengharapkan
dapat menjangkau lebih luas lagi dan kita bisa menyeberangkan ke negeri jiran dan kita menginginkan event Tour de Siak ini bisa masuk dalam Wonderful Indonesia.

“Kita berdoa event (TDSi) ini bisa masuk Wonderful Indonesia, secara keseluruhan Riau sudah menyumbang terhadap perkembangan pariwisata di Indonesia”, kata Andi.

Ungkapnya lagi, kita tidak bisa mengandalkan migas lagi karena minyak dan gas ini akan habis. Harus ada cara baru agar menambah pendapatan daerah. Salah satunya pengembangan sektor pariwisata yang kita miliki. Pemerintah Jokowi menginginkan makin tumbuh pariwisata ini, pariwisata dapat dijadikan ladang sektor bagi pemasukan devisa negara.

Berikut etape yang akan ditempuh peserta Tour de Siak tahun 2018.

Etape satu Siak-Dayun sebanyak tiga lap dengan jarak tempuh 154,12 kilometer. Etape kedua, Siak-Sungai Apit dengan jarak tempuh 115,41 kilometer. Etape ketiga Siak-Dayun Km 11, rutenya keliling, untuk jalan yang dilintasi Siak, Dayun, Koto Gasib dan finish di Siak sebanyak dua lap dengan jarak 161,48 kilometer. Untuk Etape keempat, City Race Kota Siak sepanjang 92,1 kilometer sebanyak enam Lap.

Pelaksanaan pembukaan berlangsung meriah, diawali dengan hentakan kompang bersama sama. Pembukaan (TDSi) selain dihadiri Gubernur Riau Ir. H. Arsyad Djuliandi Rachman, Bupati Siak Drs. H. Syamsuar, M.Si juga dihadiri mantan bupati Siak H. Arwin, AS, Ketua PB ISSI M. Benny Subagia, Chief Comisairre dari China, Wakil Bupati Siak Drs. H. Alfedri, M.Si, Para Kadis Pariwisata Se Riau serta ribuan masyarakat Kota Siak turut menyaksikan malam pembukaan Tour de Siak 2018.

Sumber : Humas Kab. Siak, 19 September 2018

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed