oleh

Forikan Kabupaten Siak Taja Lomba Masakan Serba Ikan

Siak,(MC) – Ketua Forikan Kabupaten Siak Rasidah Alfedri mengatakan lomba masak ini bertujuan untuk meningkatkan konsumsi ikan masyarakat dan melaksanakan program pemerintah pusat yakni Gemar Makan Ikan, di Balai Datuk Empat Suku komplek Abdi Praja, Siak Sri Indrapura, Kamis (25/4/2019),

Dengan digelarnya acara ini ibu-ibu diseluruh Kecamatan bisa lebih kretif dalam mengolah ikan dan lebih sering menyajikannya sebagai salah satu menu andalan di rumah agar tercukupinya gizi keluarga.

“Dengan kegiatan ini kan ibu-ibu bisa saling bertukar ilmu mengenai resep-resep mengolah ikan, dan sering memasak ikan di rumah masing-masing sebagai menu setiap hari”, harap Rasidah.

Hasil akhir lomba tim Forikan Kecamatan Sungai Mandau borong 3 juara lomba masak serba ikan, yang ditaja oleh Forikan Kabupaten Siak,

Ketua Forikan Kecamatan Sungai Mandau, Ermalisa Natalisa mengatakan, dari tiga kategori lomba yang dilaksanakan, Forikan Kecamatan Mandau meraih juara Pertama pada kategori menu Kudapan, kemudian juara dua kategori menu balita, dan juara dua kategori menu keluarga.

“Kami sangat bersyukur bisa meraih juara di setiap kategori”, ujarnya.

Dirinya mengaku banyak kendala yang dihadapi, namun usaha untuk selalu mencoba dan memperbaiki dari setiap kegagalan menu masakan yang dibuat. Kemudian munculah ide masakan tersebut dari versi yang berbeda.

“Kami mengkombinasikan olahan ikan segar sebagai bahan utama dengan bahan tempatan seperti ubi jalar, buah labu dan buah senduduk kemudian dihias namun tetap menjaga rasa dari masakan tersebut”, jelasnya.

Kembang patin ubi jalar dan Mosik becampo patin, mengantar Forikan Sungai Mandau sebagai juara pertama di kategori menu kudapan. Kecamatan Sungai memperoleh hadiah berupa tropi, sertifikat dan uang pembinaan dengan jumlah total Rp 6 juta.

Menurut salah seorang juri dari Pekanbaru, Chef Bangun Suryoto mengatakan, problem ibu-ibu peserta lomba masak se Riau adalah pada cara menghias makanan tersebut masih belum sempurna.

“Masakan ibu-ibu ini sudah enak, kombinasinya juga bagus, hanya saja kurang di platingnya atau cara menghias hidangan yang diletakkan didalam piring saji”, kata Bangun Suryoto.

Ia jelaskan, food plating merupakan teknik pengaturan, penghiasan dan dekorasi pada sebuah sajian makanan pada piring. Oleh karena itu, food plating perlu dikuasai agar makanan yang disajikan semakin mengundang selera.

Berikut rincian pemenang lomba masak serba ikan tingkat kabupaten Siak Tahun 2019 :

1.Kategori menu keluarga
Juara 3 nilai 450 dari Kecamatan Tualang. Juara 2 nilai 456 dari Kecamatan Sungai Mandau dan juara 1 461 dari Kecamatan Lubuk Dalam.

2. Kategori menu Balita
Juara 3 nilai 344 dari Kec Mempura, juara 2 nilai 347 dari Kec S Mandau dan juara 1 nilai 349 dari Kec Siak.

Dan 3. Kategori menu kudapan
Juara 3 dari Kec Dayun, juara 2 nilai 402 dari Kec Minas, dan juara 1 dengan nilai 406 dari Kec S Mandau. (MC.Siak/doliwtr/rls*)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed