oleh

Forikan Siak Taja Pelatihan Memasak Ikan Dengan berbahan Tempatan Khas Daerah

Siak Sri Indrapura (MCS) – Forikan Kecamatan dan Kampung se-Kabupaten Siak ikuti pelatihan memasak berbahan dasar ikan dengan inovasi dengan bersumber bahan tempatan, kegiatan ini diselenggarakan oleh Forikan Kabupaten Siak yang bekerjasama dengan PT. Bumi Siak Pusako (BSP), di Siak Sri Indrapura, Senin (22/4/2019).

Ketua Forikan Kabupaten Siak Hj. Rasidah mengatakan, bahan tempatan yang diolah menjadi makanan khas daerah diantaranya bersumber dari berbagai jenis buah-buahan lokal, seperti buah mentega, salak, asam payo, bunga kincung, tebu telor, embut sawit dan lain-lain.

Rasidah berharap, para peserta dapat mengikuti kegiatan pelatihan tersebut dengan sebaik-baiknya, untuk kemudian menjadi referensi ragam inovasi bisa tercipta melalui tangan-tangan terampil ibu-ibu kreatif dari berbagai kampung, serta bisa jugakita bawa mengikuti ivent lomba memasak di tingkat Propinsi Riau nantinya.

“Alhamdullillah tahun kemarin lomba masak serba ikan ditingkat Provinsi Riau kita berhasil meraih juara 2. Melalui perwakilan kecamatan Dayun dan Sungai Mandau untuk menu kudapan dan menu keluarga”, ungkap Rasidah disela pelatihan, di Balai Datuk Empat Suku Siak Sri Indrapura.

Untuk tahun ini kita buat inovasi terbaru lagi untuk bisa mengikutsertakan semua ketua Forikan kecamatan berguna kita bawa ke ajang lomba tingkat nasional maupun provinsi, dan bisa kembali mengeluarkan ragam kreatifitas dalam mengolah bahan masakan tempatan menjadi makanan khas terbaru daerah.

Adapun tujuan kegiatan ini adalah untuk meningkatkan pengetahuan ibu-ibu pengurus Forikan Kecamatan dan Kampung, sehingga mampu mempunyai keterampilan memasak mengolah masakan berbahan ikan dan bahan tempatan.

Tentunya hasil dari pelatihan ini dapat dijadikan lahan membuka usaha baru guna menambah pendapatan keluarga, membuka usaha di bidang olahan hasil perikanan maupun konsumsi.

Kegiatan pelatihan memasak serba ikan dan bahan tempatan tersebut dipandu oleh Chef Bangun Suryoto, selaku Ketua Indonesia Chef Assosiation cabang Riau di datangkan sebagai narasumber.

Dalam pelatihan tersebut Chef Bangun Suryoto, dibantu dua orang asistenya meracik bumbu dan menghias sedemikian hingga pada akhirnya siap dan terhidang terhidang, tertata rai, dengan sajian menu utama keluarga serta menu kudapan dan menu balita.

Bangun Suryoto mengatakan, bukan informasi baru jika konsumsi ikan dapat bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Sejumlah ikan kaya akan asam lemak omega 3. Makan ikan dinilai dapat mengurangi resiko penyakit jantung, stroke, depresi, hingga mencegah stunting.

Menurutnya pelatihan ini sangat bermanfaat untuk ibu-ibu juru masak di kampung-kampung lebih giat mengali potensi diri dengan berinovasi dengan menghasilkan sajian-sajian terbaru dan terbaik dalam masakan khas daerah tempatan, untuk bisa tampil pada ajang lomba di tingkat Propinsi dan nasional.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed