oleh

Forum Anak Kab. Siak Kampanyekan Program Green Generation Menuju Siak Sebagai Kota Layak Anak

Kampanye yang terdiri dari 100 orang siswa dari 14 Kecamatan tersebut dilaksanakan di Turap Siak dan dihadiri oleh staf ahli bidang pemerintahan hukum dan politik Zulfikri, Kadis Pemberdayaan Perempuan Kadri Yafis, Pemerhati Anak Indonesia Eri Pratama Putra dari Lembaga Perlindungan Anak Provinsi Jawa Tengah serta Anggota dari Forum Anak, Kamis (15/3/2018).

Dijadwalkan Kab. Siak pada 28 April-3 Mei 2018 mendatang, akan menjadi tuan rumah pelaksanaan Green Generation. Sehingga program kampanye ini merupakan kegiatan awal untuk persiapan Kota Layak Anak dengan tema “Kampanye Stop Kekerasan Terhadap Anak”.

Zulfikri saat diwawancarai mengatakan, kampanye program ini sangat bagus memberikan edukasi tentang perlindungan anak sebagai generasi penerus bangsa agar mendapatkan hak-hak mereka seperti pendidikan, ruang bermain untuk anak, mendapatkan kasih sayang dan perhatian dari lingkup terkecil keluarga sampai dengan lingkungan sekitarnya. Pola asuh dirumah, sekolah dan dukungan lingkungan dapat menciptakan sinergi menuju kota layak anak.

“Alhamdulilah anak-anak bisa melaksanakan kegiatan kampanye ini yang dibimbing langsung oleh kak Eri dari Jawa Tengah, kita sangat bersyukur dengan adanya kampanye anak ini, mudah-mudahan dengan kampanye ini anak-anak lebih semangat lagi”, jelas Zulfikri.

“Tentu kita sebagai Pemerintah Daerah mendukung dan turut andil berperan terhadap berjalannya program ini. Anak-anak dan juga Forum anak lebih termotivasi mengkampanyekan kegiatan mereka kepada temannya disekolah dan dilingkungannya, supaya semua anak di Kabupaten Siak mengetahui bahwa Siak sebagai Kota Layak Anak, karena di Siak ini sangat ramah, aman untuk anak-anak mengembangkan imajinasi, karakter, mengembangkan minat dan bakatnya. Sehingga harapannya pada tahun ini Kab. Siak bisa mendapatkan penghargaan NIDYA, karena tahun sebelumnya kita sudah mendapatkan penghargaan MADYA”, pungkas Zulfikri.

Sementara pemerhati anak indonesia yang sehari-harinya bekerja di lembaga perlindungan anak di Jawa Tengah, Eri Pratama Putra menjelaskan bahwa pihaknya sejauh ini bersama dengan Jawa Timur menjalankan program dari UNICEF diwilayah tersebut dan juga sekaligus sebagai fasilitator perkembangan bahkan pernah menjadi fasilitator perkembangan ditingkat nasional.

“Sebenarnya kegiatan ini adalah untuk mengembalikan semangat kawan kawan dari pengurus forum anak dan anggota forum anak yang memang pada tahun ini akan ada rencana reorganisasi pengantian pengurus dari beberapa pengurus lama sudah banyak yang berada di kelas 12 (3 SMA) maka akan dibutuhkan penguatan kepada mereka anggota pengurus baru yang akan menjadi kandidat untuk periode tahun 2018-2020 kedepan”, jelas Eri.

Saat diwawancarai lebih lanjut Eri menjelaskan, persiapan personal sudah mencapai 92% dengan pengurus Green Generation diseluruh daerah di Indonesia. Eri menilai setelah beberapa kali berkunjung ke Siak nampak sekali perubahan sangat dratis dari infrastruktur taman- taman kota, jembatan Siak yang megah, kebersihan kota yang terjaga dengan baik, kemudian ada simbol-simbol seperti bebas area rokok, sekolah ramah anak, sehingga Siak layak disebut Kota Layak Anak.

Sumber : Humas Kab. Siak, 16 Maret 2018

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed