oleh

Gali Bakat Santri Melalui Pospeda Se-Kabupaten Siak

Siak – Sebanyak 16 pondok pesantren mengikuti kegiatan Pospeda (Pekan olahraga dan seni antar pondok pesantren daerah) yang dipusatkan di Kecamatan Siak.

Pekan olahraga dan seni yang diikuti oleh santriwan dan santriwati ini dalam rangka membentuk karakter dan kepribadian santri serta mengasah bakat yang ada pada santri.

Menurut ketua penyelenggara Kaspul Anwar, ada beberapa cabang lomba pada Pospeda tahun ini seperti stand of comedy, puisi, pidato bahasa Arab, bahasa Inggris dan bahasa Indonesia, lomba kaligrafi, seni lukis dan lomba fotografi yang diselenggarakan selama 3 hari mulai tanggal 27 hingga 29 November 2018.

Melalui Pospeda, Pemerintah Daerah Kabupaten Siak berkomitmen terhadap kegiatan ini karena untuk mewujudkan pendidikan yang seimbang di lingkungan pondok pesantren. Hal ini yang disampaikan oleh Bupati Siak Drs. H. Syamsuar, M.Si melalui teks tertulis yang dibacakan langsung oleh Asisten I Setda Siak Drs. L. Budhi Yuwono, M.Si.

“Melalui kegiatan ini diharapkan adanya peningkatan prestasi santri di bidang seni sehingga dapat meningkatkan keunggulan komparatif dan keunggulan kompetitif”, kata Budhi saat membuka Pospeda di Aula Sekolah Dasar Komplek Islamic Center, Selasa malam (27/11/2018).

Sambungnya, dalam konteks pembelajaran Pospeda merupakan strategi untuk pengembangan minat dan bakat serta apresiasi terhadap prestasi terbaik yang dicapai oleh santriwan dan santriwati.

“Potensi ini hanya dapat diaktualisasikan jika digali dan dikembangkan serta dipupuk melalui proses pendidikan yang seimbang, terarah, terpadu dan dikelola secara efektif. Pendidikan yang demikian tidak hanya memprioritaskan spiritualitas, moralitas dan ilmu pengetahuan tetapi juga estetika, olah raga dan kesehatan”, ucap Budhi.

Ditambahkan Asisten I Setda Siak, ada 31 pondok pesantren yang ada di Kabupaten Siak namun baru 16 Ponpes yang ikut Pospeda ini diharapkan kedepan bisa ikut semua karena kegiatan ini merupakan wujud dari pembentukan karakter pondok pesantren serta ajang tali silaturahmi.

Sumber : MC Kab. Siak, 29 November 2018

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed