oleh

Gemar Berzakat Program Teladan Inovasi Berzakat Kabupaten Siak

Gerakan Masyarakat Siak Berzakat V 2018 di Kecamatan Siak dipusatkan di Masjid Sultan Syarif Hasyim Islamic Center Jumat (1/6/2018) turut dihadiri oleh Plt. Bupati Siak dan Kepala Baznas Provinsi Riau. Dengan mengusung tema “Ambillah harta zakat itu dari orang kaya di sekitar orang miskin itu dan bagikanlah harta zakat itu kepada orang-orang miskin di sekitar orang kaya tersebut”.

Dalam sambutannya ketua BAZ Kab. Siak Rasyid Suharto menyampaikan gerakan sadar zakat semakin meningkat di Kabupaten Siak sesuai dengan program pemerintah khususnya dalam mengentaskan kemiskinan di berbagai sektor.

Baznas Kabupaten Siak memaksimalkan fungsi 123 UPZ di setiap kecamatan sejak tahun 2016. Pengumpulan dengan pemotongan langsung juga dilaksanakan bagi ASN. Total pengumpulan zakat pada tahun 2017 sebesar 12 Miliar lebih. Sedangkan untuk 2018 sampai bulan mei untuk pengumpulan dari 14 kecamatan yang telah dilaksanakan di 8 kecamatan terkumpul 800 juta lebih. Dalam pendistribusian nya zakat terbagi dalam 5 pos pembagian yaitu Siak Taqwa, Siak Makmur, Siak Pintar, Siak Sehat dan Siak Peduli. Tahun ini tahun ke 5 gerakan masyarakat berzakat yang telah dilaksanakan oleh Baznas Kabupaten Siak dan Pemerintah Daerah Kabupaten Siak.

Kepala Baznas Provinsi Riau Yurnal Edward S.E., M.SI., AK.CA menyebutkan bahwa Kabupaten Siak dapat menjadi contoh bagi daerah lain dalam pengembangan dan inovasi zakat serta konsisiten mengumpulkan dan menyalurkan zakat harta masyarakatnya.

Dalam acara ini juga diserahkan zakat award dengan kategori UPZ pengumpul zakat terbanyak yang diterima oleh UPZ Kecamatan Lubuk Dalam, UPZ Kecamatan Dayun sebagai UPZ Pemberdayaan Kreatif dan Inovatif serta UPZ Favorit diraih oleh Instansi Vertikal Polsek Kerinci Kanan. UPZ OPD terbaik oleh DISDUKCAPIL ,UPZ Perusahaan Terbaik diraih oleh PT. Persi dan Camat Siak sebagai Pembina UPZ Kecamatan Terbaik serta Penganugerahan Duta Zakat Kabupaten Siak kepada Plt. Bupati Siak Drs. H. Afedri, M.Si.

Plt. Bupati Siak memberikan apresiasi kepada Baznas Kabupaten Siak atas pengumpulan dan inovasi penyaluran zakat.

Salah satunya dengan menambah UPZ masjid. Untuk memudahkan masyarakat membayar zakat. Dengan berzakat membantu pilar-pilar ekonomi masyarakat disekitar kita. Semakin banyak umat berzakat semakin banyak umat yang terbantu.

Sumber : MC Kab. Siak, 03 Juni 2018 (Eq_medcen/ekotriyono)

Editor Narasi : *Eq_medcen*

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed