oleh

GenPi Kabupaten Siak Bentuk Formatur Pengurus

Mewujudkan Kabupaten Siak sebagai pusat Destinasi Pariwisata menjadi semakin banyak menemui jalan kemajuan, berbagai cara mulai bisa dilakukan agar potensi yang dimiliki Kota Istana semakin dikenal luas.

Promosi yang gencar tidak hanya peran Pemerintah dan Dinas Pariwisata, melainkan juga masyarakat, kalangan muda juga dapat dengan mudah mempromosikan objek wisata yang ada hanya dengan melalui Sosial Media.

Era digital mempermudah seseorang untuk mencari dan mengetahui banyak hal termasuk potensi suatu daerah, sehingga peluang ini dijadikan momen untuk membentuk suatu Komunitas yakni Generasi Pesona Indonesia. Dimana GenPi ini sudah berjalan dan berkembang diberbagai daerah di Indonesia.

Komunitas GenPi yang dibentuk oleh Kementerian Pariwisata ini merupakan program promosi wisata “go digital” yang tengah gencar dilakukan oleh Kemenpar sebagai salah satu strategi pemasaran pariwisata Indonesia. Anggota GenPi terdiri atas anak-anak (berjiwa) muda yang selama ini aktif melakukan promosi pariwisata melalui media sosial seperti blog, facebook, twitter, instagram, path dan lain lain. Karena fokus promosi dalam dunia digital, maka anggota GenPi sering dijuluki “Laskar Digital Merah Putih”. Sosok itu sendiri menjelaskan arti lain GenPi sebagai Gerakan Nusantara untuk Pariwisata Indonesia.

Untuk itu sebagai salah satu daerah yang memiliki potensi pariwisata, Kabupaten Siak juga mengadopsi program kerja GenPi melalui Dinas Pariwisata. Menggandeng sejumlah kalangan muda, komunitas penggiat pariwisata dan seni serta beberapa OPD yang bersinergi dalam mengexplore berbagai kekayaan wisata yang ada di Kabupaten Siak. Pada Rabu 28 Maret 2018 diadakan pertemuan bersama guna membentuk susunan pengurus GenPi Kabupaten Siak yang dihadiri langsung oleh Asisten III Drs. H. Jamaluddin, M.Si dan Kepala Dinas Pariwisata Kab. Siak Fauzi Azni.

Misi yang diusung oleh GenPi Kab. Siak ialah mewujudkan destinasi wisata yang berdaya saing serta menciptakan tata kelola kepemerintahan yang baik bersih serta pelayanan publik yang prima.

Ditambahkannya bahwa Komunitas GenPi juga dapat dijadikan kalangan muda untuk mengumpulkan ide kreatif mereka kedalam bentuk postingan baik berupa fotography, film, video dan karya lainnya meliputi potensi objek wisata, kuliner, karya kerajinan dan adat istiadat daerah Kabupaten Siak yang memiliķi potensi promosi.

World Digital melalui Sosmed diyakini dapat memberikan sumbangsih bagi kemajuan sektor Pariwisata di Kabupaten Siak, sejauh Sosmed dimanfaatkan untuk sisi yang positif. Hal ini disampaikan oleh Drs. H. Jamaluddin, M.Si ketika membuka acara, Rabu (28/3/2018).

Pertemuan ini direncanakan akan kembali diadakan pada awal bulan April 2018 mendatang guna membahas sejumlah program dan sistem (SOP) kerja yang akan dijalankan.

Peserta GenPi dari bag. Humas Protokol diantaranya Dispora, Dinas Pendidikan, Diskominfo, Dinas Pariwisata Bidang Destinasi & Pemasaran, Bekraf, Pengat Production, Tanjak Siak, Explore Siak, Kampung Seni, Perfilman dan Photography, Pok Darwis, OSIS dari tiap sekolah, Karang Taruna Siak, Ikatan Pemuda Tionghoa, MPKS dan Green Generation.

Sumber : Humas Kab. Siak, 29 Maret 2018

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed