oleh

Gubernur dan Bupati Se-Riau Rapat Koordinasi Persiapan Pemilu Serentak Tahun 2019

Pekanbaru (MCS) – Dalam Rapat Perdana Forkompinda Provinsi Riau, Bupati Siak Alfedri laporkan sejumlah perkembangan persiapan daerah dalam menyongsong Pemilu 2019 di Kabupaten Siak kepada Gubernur, di Grand Central Hotel Pekanbaru bersama kepala daerah se Riau, rabu (20/3/19).

Laporkan terkait kesiapan pelaksanaan pemilu serentak tahun 2019 serta penggalangan ketentraman dan ketertiban menjelang pemilu, penanggulangan karhutla, pembentukan satlinmas di kampung dan kelurahan se Kabupaten Siak,” kata Alfedri usai menghadiri rapat.

Terkait kesiapan pelaksanaan Pemilu serentak, Alfedri menyebut KPU dan OPD terkait telah melakukan sosialiasi agar pemilih gunakan hak suaranya pada tanggal 17 April 2019 nanti, dan memastikan tidak terdapat DPT WNA di kabupaten Siak.

Alfedri juga telah berkoordinasi dengan KPU dan Badan terkait, serta camat agar bekerjasama untuk memastikan karyawan perusahaan yang menjadi Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) dapat izin dari perusahaan tempat bekerja, selain itu Dinas Penduduk Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Siak memfinalkan dan telah menyerahkan DP4 ke KPU Kabupaten Siak.

“Jumlah Pemilih Dalam DPT PEMILU 2019 di Kabupaten sebanyak 273.135 orang di 14 Kecamatan dan 131 Kampung/Kelurahan, dengan jumlah TPS sebanyak 1.244, serta Penyelenggara Pemilu Kabupaten Siak (PPK) berjumlah 70 orang, Panitia Pemungutan Suara (PPS) sebanyak 393 Orang, Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) dengan total 8.708 orang dan Perlindung Masyarakat (LINMAS) Kampung/Kelurahan berjumlah 2.488 orang” kata Alfedri.

Dalam hal ini, Pemkab Siak telah berkoordinasi dengan pihak keamanan baik TNI maupun Polri. “Kita telah mengkoordinasikan pemetaan potensi konflik, membentuk tim Pusat Komunikasi dan Informas (Puskomin) yang beranggotakan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) bersama Lintas Sektoral dalam memetakan titik titik daerah rawan konflik tersebut untuk membentuk tim terpadu terkait pengawasan dan pemantauan pemilu” tutup Alfedri.

Rapat Koordinasi dilaksanakan untuk. Memfasilitasi Pelaksanaan Tugas dan Fungsi Instansi Vertikal Bersama Pemerintah Provinsi Riau Pemerintah Kabupaten/Kota bersama Forkopinda se Riau dan Tokoh Masyarakat Riau, pemuka Agama serta Organisasi Masyarakat provinsi Riau.

Rapat koordinasi ini mengambil tema, “Memantapkan Koordinasi dan Sinergi Gubernur dengan Instansi Vertikal”, Forkopinda dan Bupati/Wakil Kota Guna Antisipasi Kesan, Ketenteraman dan Keterlibatan Umum serta Kesiapan Penyelenggaraan Pemilu Serentak tahun 2019.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed