oleh

Gubernur Riau Bersama Bupati Siak Terus Mantapkan Kawasan Cagar Budaya

Siak Sri Indrapura,MC – Bupati Siak Alfedri mendampingi gubernur Riau Syamsuar untuk melihat langsung progres pemugaran Istana peraduan Sultan Siak untuk terus di mantapkan sebagai kwasan cagar budaya di komplek Istana Asserayah Al Hasyimiyah Siak Sri Indrapura, rabu (31/7/2019).

“Istana peraduan ini merupakan bagian dari kawasan cagar budaya dengan peringkat nasional, yang sudah ditetapkan melalui surat keputusan mendikbud, untuk penataan dan pengelolaan kawasan ini sedang dipersiapkan kajiannya”, kata Alfedri.

Upaya mengembalikan kondisi fisik Benda Cagar Budaya, Bangunan Cagar Budaya, dan Struktur Cagar Budaya sesuai keaslianya dalam bentuk, tata letak, dan/atau teknik pengerjaan untuk memperpanjang usianya.

“Alhamdulillah Pak Gubernur saat ini hadir kembali bersama kita untuk meninjau perkembangan pemugaran istana Peraduan, dalam peninjauan kali ini banyak masukan dan saran dari gubernur dalam rangka penyempurnaan akhir dari pekerjaan ini dahulunya sebagai kediaman sultan dan permaisuri dan kita juga menyiapkan kembali benda koleksi rumah peraduan bukti sejarah  Sultan”, Ungkap Bupati Siak Alfedri.

Gubernur juga telah memandatkan kepada pemkab Siak untuk menyiapkan aturan sebagai regulasi dari peraturan dalam kawasan cagar budaya tetap terlindungi dari bangunan-bangunan yang akan menghilangkan keabsahan kawasan cagar budaya, dan ini sudah dalam pematangan yang di lakukan oleh tim yang sudah kita bentuk tentunya.

Pemkab Siak sangat serius memantau kemajuan kegiatan perkembangan pemugaran situs cagar budaya untuk kita persiapkan proposal tentative list World Heritage menjadi situs peninggalan dunia kepada United Nations Educational, Scientific and Cultural Organization (UNESCO).

Sumber : Rilis Humas Pemkab Siak
editor    : doli wtr

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed