oleh

Hadir di Rakor TPID, Bupati Siak Siapkan Langkah Antisipasi Inflasi  

Dalam upaya menjaga stabilitas harga di daerah, diperlukan adanya koordinasi dan sinergi antara kebijakan pembangunan pemerintah pusat dan daerah.

Hal tersebut perlu dilakukan agar masyarakat tidak terkena dampak langsung dari laju inflasi yang tidak terkendali. Demikian disampaikan Presiden Joko Widodo dalam Rapat Koordinasi Pengendalian Inflasi Daerah yang dihadiri sejumlah Menteri dan Kepala Daerah diantaranya Bupati Siak Drs. H. Syamsuar, M.Si, bertempat di Grand Sahid Jaya Hotel Jakarta, Kamis (26/07/2018).

Bupati Siak usai menghadiri kegiatan tersebut mengatakan siap menyesuaikan kebijakan daerah mengikuti arahan Presiden. Diantara arahan tersebut yang di nilai strategis diantaranya adanya upaya memberikan kemudahan pada investor untuk mempercepat pertumbuhan iklim investasi di Kabupaten Siak.

“Di daerah kita investor yang bergerak dalam usaha ekspor import perlu difasilitasi, agar pendapatan daerah meningkat dan perekonomian bertumbuh”, ujarnya.

Upaya lain kata Syamsuar ialah dengan meningkatkan peran masyarakat untuk mengoptimalkan produktifitas di lahan-lahan non produktif untuk menunjang pemenuhan kebutuhan dasar.

“Kita sebisa mungkin menekan dampak laju inflasi di daerah dengan berbagai cara, salah satunya misalnya dengan mengajak masyarakat untuk aktif memanfaatkan lahan tidur agar ditanami komoditi seperti sayur sayuran dan padi. Maksudnya untuk menjaga stabilitas stok beberapa komoditi pangan di daerah”, sebutnya.

Sebelumnya Presiden Joko Widodo saat membuka Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) IX Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) 2018 yang ditaja Bank Indonesia (BI) mengatakan diperlukan upaya bersama pusat dan daerah untuk menjaga stabilitas harga di daerah.

“Kita perlu menyatukan langkah untuk menekan inflasi. Setiap daerah diharapkan dapat menggelar operasi pasar atau pasar murah serta menjaga agar di masing-masing daerah tidak terjadi inflasi yang tinggi”, terang Joko Widodo.

Dalam rapat yang berlangsung sejak pagi tersebut, Presiden didampingi oleh Menko Perekonomian Darmin Nasution, Menko Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan, Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi dan Wakil Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Archandra Tahar.

Tema yang diusung dalam Rakornas tersebut yaitu, “Mempercepat Pembangunan Infrastruktur untuk Mewujudkan Stabilitas Harga dan Pertumbuhan Ekonomi yang Inklusif serta Berkualitas”.

Sumber : Humas Kab. Siak, 27 Juli 2018

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed