oleh

Hari HAM Se-Dunia ke 72, Siak Raih Penghargaan Kabupaten Kriteria Peduli Hak Asasi

Pekanbaru – Bupati Siak Alfedri menerima penghargaan Kabupaten Peduli Hak Asasi Manusia yang di serahkan langsung oleh Wakil Gubernur Riau Edy Natar Nasution yang berlangsung di Balai Serindit Aula Gubernur. Penghargaan yang di raih Kabupaten Siak pada tahun ini, untuk yang ke 6 kalinya, dengan predikat yang sama yaitu Kabupaten Peduli HAM untuk tahun 2020. “Alhamdulillah, hari ini kita hadir pada acara peringatan Hari Hak Asasi Manusia Se-Dunia Ke-72 Tahun 2020 tingkat Provinsi Riau. Pada kesempatan ini kita menerima penghargaan sebagai Kabupaten peduli Hak Asasi Manusia yang di serahkan langsung oleh Wakil Gubernur Riau, penghargaan ini penilaiannya, di lakukan di tahun 2019 kemarin, “ujar Alfedri di temui usai acara, Senin (14/12/20).

Di jelaskannya, kriteria penerima penghargaan berdasarkan Permenkumham No 34 Tahun 2016 tentang kriteria Kabupaten/Kota Peduli Hak Asasi Manusia. “Ada 7 Hak dan 83 indikator yang harus dipenuhi. Tujuh Hak itu terdiri dari Hak atas kesehatan, Hak atas pendidikan, Hak atas Perempuan dan Anak, Hak atas Kependudukan, Hak atas pekerjaan, Hak atas perumahan yang layak, Hak atas lingkungan yang berkelanjutan, “ungkapnya

Masih kata Alfedri, tujuan pemberian penghargaan Kabupaten/Kota peduli HAM dalam rangka meningkatkan kualitas pelayanan Publik pada unit layanan birokrasi yang menyelenggarakan pelayanan kepada masyarakat. “Penghargaan yang kita raih dari Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Riau yang di serahkan pak Wagub tadi tujuannya, Memotivasi dan mendorong pemenuhan Hak-Hak dasar masyarakat oleh Pemda Kabupaten/Kota dalam pemberian pelayanan berbasis HAM kepada masyarakat, “tutupnya.

Pada acara yang sama Wakil Gubernur Riau juga menyerahkan penghargaan kepada 4 Kabupaten/Kota yang ada di Riau, yaitu Indragiri Hulu, Pekanbaru, Indra Giri Hilir dan Rokan Hilir serta penyerahan penghargaan untuk 13 UPT terbaik seperti LAPAS, Kantor Imigrasi se-Riau. (Mc Siak/RR)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed