oleh

Himbauan Arfan Usman  Kepada Pihak Kecamatan maupun Kampung untuk terus menyampaikan Pentingnya Membayar Zakat

Untuk terus meningkatkan pengumpulan zakat di Kabupaten Siak, Pemerintah Kabupaten Siak bersama Baznas Kabupaten Siak terus berupaya untuk mensosialisasikan kepada masyarakat tentang pentingnya membayar zakat. Hal tersebut disampaikan oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Siak Arfan Usman saat menghadiri Pendistribusian Zakat Tahap ke-IV tahun 2020, di mesjid Al-Munawwaroh, Kampung Olak, Kecamatan Sungai Mandau, Rabu Siang (18/11/2020).

“Zakat merupakan kewajiban bagi kita umat muslim yang telah mencapai nisabnya dan termasuk kedalam salah satu rukun islam”, ucap Arfan. Oleh karena itu, tidak semua masyarakat memahami pentingnya zakat sebagai salah satu cara untuk mensucikan harta dan juga salah satu cara untuk membantu sesama muslim yang membutuhkan.

“Saya berharap kepada pihak Kecamatan dan juga Pemerintah Kampung, agar ikut andil dalam mensosialisasikan betapa pentingnya membayar zakat kepada masyarakat di wilayahnya masing-masing”, harap Arfan. Sehubungan dengan hal tersebut, Ketua Baznas Kabupaten Siak Abdul Rasyid Suharto menyampaikan bahwa terhitung mulai Januari hingga bulan November 2020, pengumpulan zakat di Kabupaten Siak mencapai 14.6M, ditambah dengan sisa saldo tahun lalu berjumlah 6M.

“Untuk di kabupaten Siak, potensi pengumpulan zakat maksimal berjumlah 50M. Oleh karena itu, kami dari pihak Baznas Siak bersama Pemerintah Kabupaten Siak, berupaya semaksimal mungkin agar potensi zakat tersebut tercapai”, jelas Rasyid. Baznas Kabupaten Siak sendiri telah membuat beberapa program untuk membantu masyarakat yang sangat membutuhkan, yakni pertama Siak Sejahtera meliputi zakat pola konsumtif dan produktif. Kedua Program Siak Sehat, yaitu membantu biaya berobat warga miskin. Ketiga Siak Cerdas, yaitu program beasiswa bagi pelajar dan mahasiswa untuk keluarga yang kurang mampu. Keempat Siak religi, yaitu untuk membiayai para ustadz atau dai dalam rangka memberikan bimbingan agama bagi masyarakat pelosok, yang kelima program Siak Peduli, program ini dibuat untuk membantu masyarakat miskin seperti membuat rumah layak huni, pemasangan listrik gratis, dan sanitasi”, tambahnya. Selain itu ada program Siak Tanggap Bencana, program ini membantu masyarakat yang terkena bencana seperti kebakaran, banjir dan lain-lain.

“Disamping itu Baznas Kabupaten Siak juga memiliki program Layanan Aktif Baznas untuk masyarakat. Ini bertujuan untuk mempermudah masyarakat dalam mendapatkan pelayanan, seperti mengantar orang sakit dan mengantar jenazah, serta pihak Baznas Kabupaten Siak memberikan bantuan bagi pendatang yang terdampar”, kata Rasyid. Oleh karena itu Baznas Kabupaten Siak mengajak seluruh masyarakat untuk peduli kepada sesama, yaitu dengan menunaikan zakat melalui Amil Zakat yang ditunjuk (UPZ) Kampung dan Kecamatan. Karena membayar zakat ini adalah rukun islam yang keempat, hukumnya wajib ditunaikan.

Untuk pendistribusian Zakat Tahap ke-IV tahun 2020 di Kecamatan Sungai Mandau, akan diberikan kepada 71 penerima, akan mendapatkan uang 300.000 dan sembako seperti 1 kotak mie instan, 10 Kg beras, 2 Kg gula dan 5 Liter minyak makan.

Sumber : Humpro Kab.Siak, 20 November 2020

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed