oleh

Kabupaten Siak Menuju Kota Cerdas Smart City di Indonesia

JAKARTA (MC) – Resmi di buka oleh Wakil Presiden RI Yusuf Kalla, Indonesia International Smart City Expo & Forum (IISMEX) 2019 dan dirangkaikan dengan Pameran Teknologi Industri Terbesar dan Terlengkap di Indonesia yang digelar di Jakarta Convention Center, rabu (17/7/2019).

Wakil Presiden RI Jusuf Kalla (JK) mengatakan, Kota cerdas (smart city) itu hanya dapat terealisasi oleh gubernur, bupati dan wali kota yang cerdas. Apa pun peralatannya, apa pun teknologinya, tanpa gubernur dan wali kota yang cerdas, tanpa bupati yang cerdas tidak akan tercapai kota cerdas , karna kota cerdas merupakan cerminan dari kepala daerah cerdas dan masyarakat yang cerdas.

“Teknologi bisa dibeli, tapi kecerdasan harus timbul daripada kemampuan wali kota itu untuk mengelola segala macam teknologi yang kemudian bermanfaat untuk masyarakat”, ujar JK.

Teknologi dalam smart city hanya sebagai penunjang. Yang terpenting itu adalah kepala daerahnya agar mampu memaksimalkan teknologi dan berinovasi.

“Usaha pemerintah daerah untuk mengembangkan ekonomi daerah, memberikan inisiatif, tentu bagian yang penting untuk kemajuan kita semua. Meningkatkan kemakmuran yang adil kepada seluruh masyarakat bagian dari kemajuan ekonomi itu sendiri. Semua itu dapat terwujud melalui Pemda yang inisiatif dan inovatif, itulah kota cerdas”, imbuhnya.

Pemerintah Kabupaten Siak dihadiri oleh Asisten Administrasi Umum Jamaludin didampingi oleh kepala Dinas Kominfo Siak Arfan Usman bersama kabit Teknologi Informasi Komunikasi (TIK) Hendra Agusti.

“Kita, Kabupaten Siak siap Menuju Kota Cerdas Smart City di Indonesia, karna kita masuk dalam 25 Kabupaten/Kota yang terpilih sebagai Smart City se-indonesia dan melalui Expo ini kita dapat melihat apa kebutuhan kita kedepan dalam mempersiapkan dan menerapkan kota pintar yang bilang oleh wapres yusuf kalla tersebut”, kata Jamalludin.

Kabupaten Siak akan menerapakan adopsi aplikasi Smart City milik Pemerintah Kota Tangerang untuk tahapan 3.0 dalam mendukung gerakan 100 Smart City di Indonesia, dan ini sedang berjalan dalam kloning teknologi dengan kota Tangerang setelah kita melakukan MoU bersama dikatakan oleh Kadis Kominfo Siak Arfan Usman di sela melihat lihat Bazar Teknologi International Smart City Expo & Forum.

Kegiatan ini di taja oleh Kementerian Kominfo RI bersama 10 kementerian, lembaga dan badan yang berkompeten di dalam Indonesia International Smart City Expo & Forum, menjadi gagasan bersama untuk menuju era digital tentunya. (MC Siak/doliwtr)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed