oleh

Kapolda Riau Terima Penghargaan Inovasi Dashboard Lancang Kuning, Bupati Alfedri Sampaikan Tahniah

Selasa (18/8/2020), Bupati Siak Alfedri menghadiri pemberian Penghargaan Promoter Reward Kepada Kapolda Riau atas Prestasi Mencegah kebakaran hutan dan lahan (Karhutla), menggunakan Sistem Dashboard Lancang Kuning diwilayah Polda Riau. Kegiatan tersebut dilaksanakan di Jl Pertamina Km 2, Kampung Pangkalan Pisang, Kecamatan Koto Gasib.

Diawal sambutannya, Bupati Siak Alfedri mengucapkan tahniah dan terimakasih karena Kabupaten Siak ditunjuk sebagai tuan rumah pemberian penghargaan kepada Polda Riau dari Lembaga Kajian Strategis Kepolisian Indonesia (Lemkapi). “Semoga dengan hadirnya bapak dan ibuk sekalian, akan memberikan berkah bagi Kabupaten Siak”, kata Alfedri.

Pemerintah Kabupaten Siak mengucapkan tahniah atas penghargaan yang diterima oleh Kapolda Riau Bapak Irjen Pol Agung Setya Imam Effendi, atas inovasinya yakni dalam pencegahan Karhutla menggunakan Sistem Dashboard Lancang Kuning. “Dengan adanya Dasbord Lancang Kuning ini, penanganan Karhutla di Provinsi Riau bisa dilakukan terencana, terarah, terukur dan bisa dikendalikan. Alhamdulillah dari tahun 2019 sampai saat ini, jumlah Karhutla di Provinsi Riau relatif berkurang”, ucapnya. Alfedri berharap upaya dalam pencegahan Karhutla bisa disinergikan semakin baik.

“Kami Pemerintah Kabupaten Siak, bersama Forkopimda, Manggala Agni, TNI, Polri, dan juga masyarakat peduli api se-Kabupaten Siak, siap untuk mengupayakan arahan-arahan agar kita bisa mengendalikan Karhutla melalui pencegahan. Sehingga pembangunan berwawasan lingkungan dalam rangka pembangunan berkelanjutan bisa dilakukan lebih baik dimasa yang akan datang”, jelas pemimpin Siak itu.

Direktur Executive Lembaga Kajian Strategis Kepolisian Indonesia (Lemkapi) Edi Saputra Hasibuan mengatakan bahwa inovasi dari Polda Riau terkait dengan pencegahan Karhutla, sangat bermanfaat untuk menekan angka Karhutla di Provinsi Riau. “Kami melihat bahwa aplikasi Dashboard Lancang Kuning sudah banyak mendapat apresiasi dan pujian dari masyarakat, semua ini berkat kolaborasi antara Polda Riau beserta seluruh jajaran terkait dengan inovasi pencegahan Karhutla ini”, kata Edi.

Selain itu, kami juga salut melihat semangat dan kekompakan yang luar biasa dari Satgas Karhutla se-Provinsi Riau, guna memberikan pelayanan yang terbaik untuk masyarakat dan mencegah terjadinya Karhutla. “Alhamdulillah Aplikasi Dashboard Lancang Kuning inovasi dari Polda Riau, kini sudah didijadikan aplikasi nasional untuk menangani Karhutla di 11 wilayah Polda yang rentan terhadap Karhutla”, tutup Direktur Executive Lemkapi tersebut. Acara ini juga dihadiri oleh Kapolda Riau Bapak Irjen Pol Agung Setya Imam Effendi, Gubernur Provinsi Riau Syamsuar, Kapolres se-Provinsi Riau, beserta seluruh tamu undangan lainnya.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed