oleh

Kebakaran 5 Ha Lahan Gambut Kampung Penyengat Berhasil di Padamkan

Kebakaran Hutan dan Lahan menghanguskan 5 Hektar lahan gambut di Kampung Penyengat Kecamatan Sungai Apit, Selasa (20/2/2018).

Titik api yang tidak terpantau satelit tersebut, terjadi pada titik koordinat longitude 102.35194 dan latitude 0.83360, di atas lahan kosong ditumbuhi belukar dengan kondisi tanah gambut.

Untuk memadamkan api, sebanyak 28 personel gabungan diterjunkan menuju lokasi yang berjarak 1 km dari akses jalan tersebut.

“Personel gabungan yang diturunkan diantaranya 5 personel Polri, 4 personel TNI, 7 Damkar Kecamatan Sungai Apit, 7 personel Manggala Agni dan 5 personel masyarakat peduli Api, dibantu sejumlah relawan masyarakat kampung penyengat”.

Camat Sungai Apit Suparni yang memimpin langsung regu pemadaman bersama Kapolsek Sungai Apit AKIP Hendrix dan Danramil Sungai Apit Kapten Inf. S. Sinaga.

Sebutnya, regu pemadam terpaksa melakukan aksi pemadaman secara manual di lokasi lahan terbakar tersebut dikarenakan kondisi air yang jauh dari lokasi lahan yang terbakar. Selain itu, tim gabungan juga membuat sekat api dan embung air dengan menggunakan alat ekskapator.

“Kita juga memaksimalkan 1 unit mesin pompa air mini milik satgas MPA Kampung Penyengat dan 1 unit mesin pompa air matrix milik Manggala Agni. Alhamdulillah hingga pukul 19.00 Wib titik api di lokasi lahan terbakar sudah berhasil dipadamkan dan dilakukan langkah pendinginan, namun masih mengeluarkan asap karena kondisi tanah gambut”, jelas Suparni.

Sementara identitas pemilik lahan lokasi kebakaran kata Suparni, saat ini masih dalam tahap penyelidikan oleh pihak berwajib.

Sumber : Humas Kab. Siak, 21 Februari 2018

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed