oleh

Kerabat Kerajaan Perak Malaysia Susuri Silsilah dan Silaturahmi dengan Plt. Bupati Siak

-Berita-152 views

Dalam suasana penuh kekeluargaan, Plt. Bupati Siak Drs. H. Alfedri, M.Si menerima kunjungan silaturahmi Jawatan Kuasa Induk Kerabat Almarhum Raja Haji Yahya bin Raja Daud Shahid, Orang Kaya-Kaya Imam Paduka Tuan Perak yang ke dua, Perak, Malaysia di kediaman dinas Bupati Siak. Sabtu (21/4/2018).

Plt. Bupati Siak yang didampingi oleh Kepala Dinas Pariwisata, Ketua dan Pengurus LAMR Kabupaten Siak, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika yang diwakili Kepala Bidang Informasi Komunikasi Publik dan Statistik menyambut baik kedatangan kerabat kerajaan yang ternyata memiliki pertalian darah dengan Sultan yang pernah memerintah Kerajaan Siak.

Kedatangan kerabat kerajaan ini selain menyambung silaturahmi, juga ingin membetulkan kajian sejarah kekerabatan sultan dan menyusur garis keturunan kerajaan yang tengah mereka kumpulkan sekaligus menyusur tapak sejarah leluhurnya yang memiliki kekerabatan dengan Sultan Siak ketika pusat kerajaan berada di Mempura Siak.

Plt. Bupati Siak saat ditemui usai pertemuan mengatakan itikad baik dan tali silaturahim yang telah dijalin dan dibawa dari Malaysia ini hendaknya dapat kembali mengikat sejarah masa lalu dengan generasi-generasi yang masih memiliki pertalian darah baik yang berada di Perak Malaysia maupun yang tersebar di Siak. Sehingga dapat mengumpulkan kaum kerabat yang terserak. Adanya kaitan sejarah dan pertalian darah ini juga dibenarkan oleh salah seorang kerabat kesultanan Siak Bapak Said Muzani yang melihat dan menyusur bukti-bukti yang dibawa oleh kerabat kerajaan dari Malaysia ini.

Diharapkan kedepan akan ada keberlanjutan silaturahmi seperti yang telah dibuat sebelumnya oleh Pemerintah Kabupaten Siak dengan Johor menjadi Kota Kembar karena ikatan sejarah leluhur yang sama.

Jawatan Kuasa Induk Kerabat Almarhum Raja Haji Yahya bin Raja Daud Shahid, Orang Kaya-Kaya Imam Paduka Tuan Perak yang ke dua, Perak, Malaysia yang dipimpin oleh Y.M. Raja Halinudin Bin Raja Halid dan Y.M. Nor Sheela Bt Raja Aziddin ini sangat antusias dengan sambutan tuan rumah dan semakin menguatkan keinginannya untuk meretas kembali silsilah yang terputus sehingga dapat menghimpun kembali sejarah dan keluarga. Menurutnya saat ini di Malaysia mereka telah menemukan dan mendapati kurang lebih 300an kaum kerabat yang memiliki pertalian darah dengan Kerajaan Siak. Ditambah lagi dengan adanya dukungan manuscript sejarah yang diperoleh dari perpustakaan di London mengenai catatan sejarah leluhur yang membuktikan bahwa nenek moyang mereka merupakan keturunan dari Sultan Siak.

Sumber : MC Kab. Siak, 23 April 2018 (eq_medcen)

Editor Narasi : *eq_medcen*

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed