oleh

Ketua Pengadilan Tinggi Riau Lantik Ketua Pengadilan Negeri Siak Yang Baru

Pengambilan sumpah sekaligus pelantikan Ketua Pengadilan Negeri Siak yang baru oleh Ketua Pengadilan Tinggi Riau Adam Hidayat, SH, MH yang berlangsung di Aula pertemuan Kantor Pengadilan Tinggi Riau jalan Jendral Sudriman Pekanbaru, Selasa, 27/03/2018 pagi.

Bambang Trikoro, SH, MH sebagai Ketua Pengadilan Tinggi Negeri Kabupaten Siak, sebelumnya bertugas di pengadilan Negeri Solok Sumatra Barat sebagai ketua. Bambang Trikoro selaku Pejabat PN Siak yang baru, rabu ini resmi bertugas di PN Siak menggantikan posisi Ketua lama Abd. Kadir, SH yang dianggap hakim senior. Ia mendapat amanah dari pimpinan, ditugaskan pada Pengadilan Tinggi Negeri Medan Kelas I A khusus sebagai Hakim.

Acara yang berlangsung pagi itu, dihadiri oleh Asisten Admintrasi Umum Pemkab Siak H. Jamaluddin, Kapolres Siak AKBP. Berliansyah, SIK, para Ketua Pengadilan Tinggi Negeri Kota Se-Riau, seluruh Hakim, Panitra serta karyawan dan staf di lingkungan kantor Pengadilan Tinggi Riau Pekanbaru.

Ketua Pengadilan Tinggi Negeri Riau Adam Hidayat, SH, MH berpesan kepada PN Siak yang baru, jaga kepercayaan dan amanah yang diberikan oleh pimpinan Mahkamah Agung. Seseorang yang terpilih sebagai ketua Pengadilan Negeri tentu telah melalui berbagai pertimbangan, antara lain pimpinan melihat track record rekam jejak saudara. Bahkan untuk menjadi Pimpinan Ketua Pengadilan Tinggi kelas II pun, harus melewati uji kelayakan dan kepatutan pejabat.

“Tidak gampang mereka untuk menjadi ketua pengadilan, pimpinan kita memiliki penilaian tersendiri bagi bawahannya yang akan ditugaskan di suatu daerah. Mereka juga mampu melewati uji kelayakan dan kepatutan pejabat”, tutur Adam.

Menurutnya, menjadi pimpinan pengadilan saat ini cukup berat. Sebagai hakim kita dituntut memiliki etos kerja dan integritas yang tinggi. Sebagai pimpinan kita dituntut agar mampu menggerakkan roda organisasi yang kita pimpin. Untuk mewujudkan visi misi Makamah Agung yaitu menjaga kemandirian badan peradilan, memberikan pelayanan yang berkeadilan bagi yang mencari keadilan.

Saat ini masyarakat mengharapkan kepada lembaga peradilan dapat memberikan pelayanan yang cepat, transparan, mudah diakses serta menghasilkan putusan yang berkualitas yaitu keputusan yang menyelesaikan masalah, bukan sebaliknya putusan yang memberatkan masyarakat.

“Kehadiran Pak Bambang di Siak, untuk membenahi wajah peradilan negeri Siak yang tentunya mulai rabu ini ia sudah mulai bekerja. Ada PR yang harus diselesaikan oleh Pak Bambang. Untuk di wilayah hukum Pengadilan Negeri Riau daratan, ada empat  yang belum teragreditasi, diantaranya Siak, Rokan Hilir dan Pasir Pengarayan.

Sementara Itu Asisten Admintrasi Umum Pemkab Siak H. Jamaluddin saat ditemui mengatakan, mengucapkan selamat datang kepada Bapak Bambang Trikoro, SH, MH selaku Kepala Pengadilan Negeri Siak yang baru. Ucapan selamat jalan kepada Bapak Abd. Kadir, SH yang akan melaksanakan tugas di tempat yang baru.

“Kita mengucapkan terimakasih kepada Pak Abd. Kadir, SH atas kerjasamanya selama ini bersama  Pemkab Siak yang selalu memberikan masukan bagi Pemkab Siak tentang aturan-aturan hukum di dalam menjalankan roda organisasi, kepada Pak Bambang selamat datang dan selamat bertugas di negeri Siak”, terang Jamaluddin.

Sumber : Humas Kab. Siak, 28 Maret 2018

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed