oleh

Ketua TP PKK Siak Kunjungi Kebun Percontohan Sengkemang

Ketua TP-PKK Kabupaten Siak Hj Rasidah Alfedri mengunjungi Kebun Percontohan Kampung Tangguh Nusantara di Kampung Sengkemang Kecamatan Koto Gasib, Kamis (9/7/2020) petang.

Kata Rasidah, Hamparan tanah kebun ini sangat cocok ditanami jenis tanaman sayur-mayur, jagung, dan lain-lain. Kemudian sebagian lagi untuk peternakan itik petelur, dan kolam ikan. Kebun ini merupakan percontohan percontohan Polda Riau. “Bagi warga, khususnya kaum ibu-ibu yang tidak punya lahan yang luas, bisa menggunakan lahan perkarangan rumahnya untuk ditanami. Setidaknya kita tidak lagi membeli untuk kebutuhan seperti sayur, cabe dan sayuran lainnya” ucapnya.

Ia menjelaskan, pemanfaatan lahan pekarangan di rumah warga dengan tanaman sayur-mayur atau pemeliharaan ikan akan sangat membantu menciptakan ketahanan pangan masyarakat yang dimulai dari keluarga. “Bagi ibu-ibu yang sudah memanfaatkan pekarangan rumahnya, saat dihadapkan dengan harga komoditi sayur-mayur yang mahal tidak akan terlalu berpengaruh terhadap pengeluaran keluarga. Karena kebutuhan untuk konsumsi keluarga setiap harinya telah tersedia dari pekarangan rumah” ungkapnya.

Ia menjelaskan, bahwa kampung Sengkemang ini beberapa waktu yang lalu dipilih sebagai Percontohan Jaga Kampung yang ditaja oleh KaPolda Riau. Gerakan Jaga Kampung ini, merupakan gerakan dari nilai-nilai luhur, sembari memberikan upaya membangun ketahanan di sektor pangan. Semoga tujuan program dari Jaga kampung ini bisa tercapai, yaitu terciptanya masyarakat yang sehat, pangannya cukup, serta mampu mencegah dan memutus mata rantai Covid 19.

Rasidah mengapresiasi pihak Kepolisian dan Perusahaan yang telah membantu dan memfasilitasi masyarakat di sekitar operasionalnya untuk beternak itik bertelur serta bercocok tanaman dalam rangka mendorong ketahanan pangan menghadapi pandemi Covid-19. Diakhir kunjungannya, diserahkan bantuan untuk pakan ternak kepada salah seorang kelompok tani. Saat itu Rasidah ditemani oleh Camat Koto Gasib, Kapolsek Koto Gasib, Penghulu Kampung Sengkemang dan pihak dari Perusahaan.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed