oleh

Lawatan Sejarah Pangdam I Bukit Barisan ke Istana Asserayah Al Hasyimiah

Warisan sejarah masa lalu yang terbungkus dengan baik menyimpan guratan sebuah kejayaan dan kemasyuran dari sebuah kerajaan melayu terbesar di pesisir timur sumatera, Kerajaan Siak.

Kemegahan dan kekuasaan sang Sultan yang memimpin ketika itu masih terawat dengan baik dalam bingkai bangunan besar sebuah istana, Istana Asserayah Al Hasyimiah yang juga disebut Istana Matahari Timur.

Rasa kagum bahwa bangsa ini masih menyimpan dengan baik sejarah masa lalunya dan sebuah kebanggaan dapat memijakkan kaki di tapak Istana Siak memancar dari wajah seorang Mayor Jenderal yaitu Panglima Daerah Militer I Bukit Barisan Mayor Jenderal TNI Ibnu Triwidodo, saat kunjungan nya ke Kabupaten Siak. Senin (4/6/2018) pagi.

Bersama istri dan ditemani Plt. Bupati Siak Drs. H. Alfedri, M.Si, Jenderal bintang dua itu melihat setiap sudut istana dan benda-benda bersejarah bekas kerajaan melayu islam yang dipandu oleh juru kunci istana.

Jenderal lulusan Akmil 1985 ini menuturkan kekaguman nya saat masuk ke Istana Siak. Ternyata kemegahannya masih terjaga begitu juga dokumennya tertata rapi dan sangat terawat. Ia juga mengapresiasi komitmen Pemkab Siak terhadap upaya pelestarian kawasan Istana yang masih berdiri kokoh dan megah, hingga arsip maupun dokumennya terpelihara dengan baik sebagai warisan nenek moyang kepada para generasi penerus.

Pangdam beserta istri pun sempat dibuat terpukau oleh dentingan musik klasik dari komposer dunia yang berasal dari satu alat musik Gramofon bernama Komet. Gramofon buatan Jerman tahun 1890 tersebut masih berfungsi dengan baik, dibuktikan dengan disuguhkannya musik klasik karya beethoven maupun Mozart yang diputarkan oleh Pak Udin salah satu juru kunci Istana.

Usai melakukan lawatan sejarah di Istana Siak, Plt. Bupati Siak Drs. H. Alfedri, M.Si dan Pangdam I/BB Mayjen TNI Ibnu Triwidodo saling tukar cenderamata di ruang depan istana. Selanjutnya Pangdam dan rombongan melakukan ziarah ke makam Pahlawan Nasional Sultan Syarif Kasim II yang berada di dalam pekarangan Masjid Raya Syahabuddin.

Sehari sebelumnya lawatan Pangdam I/BB Mayjen TNI Ibnu Triwidodo bersama istri selama dua hari di Kabupaten Siak dalam rangka Safari Ramadan yang dipusatkan di masjid Sultan Syarif Hasyim.

Sumber : Humas Kab. Siak, 05 Juni 2018

Editor Narasi : *eq_medcen*

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed