oleh

Makan Ikan Bisa Mencegah Anak Pendek (Stunting)

Siak – Forum Peningkatan Konsumsi Ikan Nasional (Forikan) Kabupaten Siak, kembali mengajak masyarakat untuk meningkatkan konsumsi ikan melalui Kampanye Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan (Gemarikan) di Kecamatan Siak.

Ketua Forikan Kabupaten Siak Rasidah Alfedri mengatakan, kampanye gemarikan kali ini menekankan untuk ibu hamil dan ibu balita dalam rangka pencegahan stunting.

“Apa itu stunting, stunting adalah anak pendek atau tinggi badan anak tidak sesuai dengan usianya” sebut Rasidah di hadapan ibu-ibu Kampung Suak Lanjut, Rabu (21/11/2018) pagi di balai desa.

Kata Rasidah, stunting ini akibat kurangnya nutrisi pada 1000 hari pertama anak dan ini bisa dicegah, salah satunya dengan cara rajin mengkonsumsi ikan. Sebab, di dalam ikan mengandung protein berkualitas seperti Omega-3, mengandung lemak rendah dan mengandung nitrogen yang berperan dalam tumbuh kembang sel otak dengan baik.

Agar anak-anak di Kabupaten Siak lahir dengan normal, sehat dan cerdas, Forikan Kabupaten Siak bekerja sama dengan PT. Bumi Siak Pusako melaksanakan kegiatan ini, dengan tujuan untuk menumbuhkan kesadaran seluruh lapisan masyarakat agar gemar makan ikan dalam jumlah yang cukup setiap hari.

Sementara Rois Marsela selaku narasumber menyampaikan bahwasanya penderita stunting pada anak otomatis pertumbuhannya lambat, kemudian usia 8-10 tahun anak menjadi pendiam dan IQ nya rendah.

Stunting terjadi sejak dari dalam kandungan dan akan nampak di usia 2 tahun atau 1000 hari kehidupan. “Menurut data dari kementerian kesehatan 1 dari 3 anak di Indonesia mengalami stunting, ini harus kita waspadai”, ujarnya.

Bahaya dari penderita stunting ini adalah otak anak sulit berkembang dan gampang sakit. Oleh karena itu ibu-ibu hamil agar menjaga nutrisi dengan mengkonsumsi makanan yang bergizi.

Untuk mencegah stunting kata Rois, bisa dilakukan dengan cara menjaga kebersihan sanitasi, pola hidup bersih dan sehat, pemberian imunisasi, pemberian ASI eksklusif dan pola makan yang berimbang dengan gizi yang cukup.

“Mari kita dukung anak-anak Kabupaten Siak agar tumbuh sehat dan cerdas, beri mereka asupan makanan yang baik dan sehat seperti ikan, sayuran dan susu. Jadikan mereka generasi bangsa yang cerdas berprestasi demi masa depan yang gemilang”, pungkasnya.

Pada kesempatan itu digelar demo masak berbahan dasar ikan, salah satunya membuat brownis ikan tuna. Bak chef terkenal ibu-ibu Forikan dan PKK Kecamatan Siak meracik dan mengaduk adonan sehingga menampilkan makanan yang menarik dan disukai oleh keluarga terutama anak-anak.

Sebelumnya dilakukan senam Gemarikan bersama perwakilan dari anak-anak TK se Kecamatan Siak. Dengan wajah ceria dan antusias murid-murid TK mengikuti kegiatan tersebut. Selanjutnya anak-anak diberi makanan dan cenderamata menarik dari Forikan Siak.

Penggalakan program tersebut diharapkan bisa meningkatkan konsumsi ikan sejak dini kepada anak usia dini dengan menanamkan pengetahuan bahwa ikan bisa dikonsumsi dalam berbagai makanan olahan yang bervariasi dan lezat.

Sumber : MC Kab. Siak, 22 November 2018

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed