oleh

Makanan Khas Sakai, Antarkan PKK Siak Raih Juara Dua

Pekanbaru, MC – Tim Penggerak PKK Kabupaten Siak berhasil meraih juara II pada Lomba Cipta Menu Beragam, Bergizi Seimbang dan Aman (B2SA) tingkat Provinsi Riau Tahun 2022.

Ketua TP PKK Kabupaten Siak, Rasidah Alfedri, menyampaikan rasa syukurnya, karena ini adalah hasil dari kerja keras, pemikiran dan kerjasama dari rekan-rekan TP PKK Kabupaten Siak.

“Kami telah menyiapkan semuanya, kurang lebih 1,5 bulan. Mulai dari pembuatan menu makanannya hingga penamaan menunya, sehingga kami berhasil menjadi juara dua,” kata Rasidah di temui usai acara, di halaman Gedung Dharmawanita Provinsi Riau, Selasa (13/9/2022).

Ia menceritakan, ada enam menu makanan siang yang ditampilkan seperti, Istana Telang, Rujak Bintang, Talor Gabus Ceria, Dendeng Jantung Pisang, Gulai Satu Memikat, Sup Pemancing Tekak, dan Nasi Gurih Ngaje.

“Kami menampilkan makanan khas Sakai, seperti dendeng jantung pisang yang dicampur ikan gabus. Jadi ada protein hewani dan protein nabatinya,” sebutnya.

Orang sakai lanjut dia, sampai sekarang masih mengkonsumsi makanan tersebut. Kemudian masyarakat juga diharapkan di anjurkan memilih dari anekaragaman pangan, artinya makan pokok tidak mesti dari beras.

Oleh karena itu istri Bupati Siak itu mengajak masyarakat untuk melestarikan produk pangan lokal non beras dari kecamatan masing-masing di Kabupaten Siak.

“Tahun ini kami mengutus kecamatan Minas mewakili Kabupaten Siak. Mudah-mudahan tahun depan bisa lebih baik lagi,” harapnya.