oleh

Masyarakat Kampung Bencah Umbai Bergembira Karena Miliki Pembangkit Listrik Tenaga Surya

Betapa gembiranya masyarakat Kampung Bencah Umbai atas diresmikannya Pembangkit Listrik Tenaga Surya yang diresmikan langsung oleh Direktur Renbang Insfrastruktur Energi Baru, Terbarukan dan Konservasi Energi (EBTKE) Noor Arifin Muhammad serta disaksikan langsung oleh Anggota DPR RI Komisi VII Sayyed Abubakar Assegaf.

“Kita patut bersyukur atas apa yang telah dibangun untuk kita, semoga dengan telah diresmikannya PLTS ini akan memberikan manfaat yang postif buat kita semua”, hal itu yang dikatakan Plt. Bupati Siak Drs. H. Alfedri, M.Si ketika memberikan sambutannya, Kamis(5/4/18).

Dikatakan beliau, saat ini Pemerintah Kabupaten Siak juga telah melaksanakan Program Limar, dengan bantuan dari CSR PT. BSP serta Baznas Kab. Siak dengan 3 kampung perencanaannya yaitu Kampung Teluk Lancang, Teluk Lanus serta Kampung Bencah Umbai.

“Dalam rangka mewujudkan energi berkeadilan melalui peningkatan rasio elektrifikasi serta sekaligus percepatan pembangunan energi terbarukan, Kemeterian ESDM melalui Ditjen EBTKE telah membangun Pembangkit Listrik Tenaga Surya yang terpusat dibeberapa daerah yang ada di Indonesia. Diantaranya 1 unit PLTS di Kabupaten Siak Kecamatan Sungai Mandau Kampung Bencah Umbai, dengan daya terpasang sebesar 50 kwp.

Semoga melalui upaya membuka akses listrik yang seluas-luasnya bagi masyarakat ini, kedepan tidak ada lagi kampung-kampung yang tidak dialiri listrik. Sehingga masyarakat dapat hidup dengan layak, dapat mengelola, merencanakan kehidupannya di masa yang akan datang dan anak-anak kita dapat belajar dengan nyaman pada malam hari dirumah”, kata Plt. Bupati Siak.

Senada yang dikatakan Direktur Renbang Insfrastruktur EBTKE Noor Arifin Muhammad. Dengan diresmikannya Pembangkit Listrik Tenaga Surya Terpadu ini, bisa memberikan dampak yang positif bagi masyarakat. Selama ini Listrik di Kampung Bencah Umbai Kec. Sei Mandau hanya hidup 3 hingga 4 jam saja, dengan adanya PLTS ini kemungkinan bisa dirasakan hingga seharian penuh.

“Semoga dengan diresmikannya PLTS ini, bisa memenuhi kebutuhan masyarakat yang ada di sini. Saya berharap kepada masyarakat agar bisa menjaga PLTS ini dengan sebaik baiknya. Total untuk 1 rumah mendapatkan 600 kwh”, terangnya.

Lanjut Anggota DPR RI dari Komisi VII Sayyed Abubakar Assegaf, ia juga mengharapkan kepada masyarakat untuk menjaga serta merawat sebaik baiknya PLTS yang telah dibangun oleh Pemerintah melalui Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral, agar apa yang telah diamanahkan bisa selalu bermanfaat hingga kedepannya nanti. Apalagi masyarakat telah lama menantikan kemerdekaan terhadap Penerangan Listrik yang selama ini belum sepenuhnya dirasakan oleh masyarakat, ucapnya.

Sumber : Humas Kab. Siak, 05 April 2018

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed