oleh

Menteri Agraria dan Tata Ruang Sofyan A. Djalil Tinjau Lahan Tora di Berbari Kecamatan Pusako Kabupaten Siak

-Berita-174 views

Menteri Agraria dan Tata Ruang / Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) Sofyan A. Djalil melakukan peninjauan lapangan terhadap kawasan Tanah Objek Reforma Agraria (TORA) di kampung Berbari Kecamatan Pusako Kabupaten Siak Provinsi Riau, Jum’at (20/4/18) Siang.

Kunjungan Menteri ATR tersebut dilakukan usai menyerahkan sertifikat tanah gratis secara simbolis kepada masyarakat Siak di gedung kesenian. Dimana program ini dilaksanakan melalui program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL).

Dalam kesempatan tersebut kepala BPN RI itu didampingi Plt. Bupati Siak Drs. H. Alfedri, M.Si dan Kakanwil BPN Riau Lukman Hakim melakukan pengecekan langsung terhadap kondisi tanah di lokasi.

Menteri Agraria dan Tata Ruang mengatakan, lahan yang dibagikan kepada masyarakat ini merupakan bagian pemerintah yang disebut dengan TORA (tanah objek reforma agraria) dalam bentuk redistribusi aset. Lahan Eks HGU PT. Mahakarya Eka Guna (MEG) seluas 2038,1 ha di alokasikan untuk peserta TORA. Lahan tersebut agar dikelola dengan baik, dicarikan tanaman yang cocok untuk lahan gambut dan bisa meningkatkan ekonomi masyarakat. Masing-masing masyarakat mendapatkan 0.8 ha lahan.

Sementara Camat Pusako Andi Putra berharap, Menteri ATR BPN dapat membantu menyelesaikan konflik lahan masyarakat dengan perusahaan PT. Arara Abadi dan masyarakat yang konflik diberi bantuan yang sama. Selanjutnya pihak kementerian terkait bisa membantu, mulai dari penanaman sampai pada pemasaran produk.

Dalam kunjungan lapangan yang dilakukan Menteri Agraria dan tata Ruang bersama Plt. Bupati Siak dan pejabat lainnya dilakukan penanaman bibit nanas di lahan tersebut.

Sumber : Humas Kab. Siak, 23 April 2018

Editor Narasi : *eq_medcen*

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed