“Moh Main” Karya Aldebaran Sukses Membuat Decak Kagum Wabup Siak

Aldebaran, sapaan untuk nama angkatan kedua Madrasah Aliyah Negeri Insan Cendekia (MAN IC) Siak berhasil membuat Wakil Bupati Siak Drs. H. Alfedri, M.Si terkagum-kagum dengan hasil karyanya.

Kenapa? Karena siswa kelas XI IPS itu berhasil merintis sebuah buku yang berjudul “Moh Main”. Buku yang berjumlah 126 halaman tersebut berisi tentang cerita berbagai permainan tradisional khususnya permainan tradisional masyarakat melayu.

Pembimbing Aldebaran dalam merintis buku tersebut Budianto mengatakan, setelah diamati, bahwasanya anak-anak zaman sekarang sudah tidak begitu tertarik dan mengenal permainan tradisional, mereka lebih suka bermain game ataupun gadget.

“Berbeda dengan jaman dimano sayo masih kecik dulu, permainan tradisional menjadikan hubungan antar kawan semakin erat bahkan kami sampai lupo waktu karno bermain gasing bersamo. Sekarang, untuk jumpo ajo payah, semuo dah di permudah dengan handphone,” kata bapak yang hobi dengan permainan patok lele dan gasing ini.

Masih kata Budianto, Berawal dari berkurangnya minat anak-anak dan masyarakat terhadap permainan tradisional inilah, saya dan Aldebaran berusaha untuk mengangkat kembali permainan tradisional dengan cara membuatnya menjadi sebuah buku. Agar minat anak-anak dan masyarakat terhadap permainan tradisional kembali tumbuh.

“Kami berharap dengan hadirnya buku ini, nantinya permainan tradisional akan kembali menjadi permainan yang digemari di masyarakat luas,” tutup salah seorang guru di MAN IC Siak tersebut.

Menanggapi hal tersebut, Wakil Bupati Siak Drs. H. Alfedri, M.Si mengungkapkan rasa kagumnya terhadap karya anak Siak ini.

“Meskipun baru berdiri 3 tahun, MAN IC sudah melahirkan anak-anak Siak yang terampil, kreatif dan cerdas. Semoga ini bisa dijadikan motivasi bagi sekolah yang lainnya agar bisa menciptakan anak-anak seperti itu,” ucapnya.

Selain menandatangani buku “Moh Main” tersebut, Wabup Siak juga berkesempatan untuk menghadiri kegiatan UNIC “You and Insan Cendikia” MAN IC yang bertempat di MAN IC Tualang, Jum’at (20/10/17) lalu.

Kegiatan tersebut sempena dengan hari jadi MAN IC yang ke 2, dengan tujuan menjalin tali silaturahmi dengan berbagai sekolah yang ada di Provinsi Riau. Dengan serangkaian kegiatan seperti olimpiade sains, seni dan bahasa yang diikuti oleh 350 peserta, serta peresmian gedung administrasi dan peresmian mesjid.

Sumber : Humas Kab. Siak, 27 Oktober 2017

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *