oleh

Motivasi Peningkatan dan Evaluasi Kinerja Kecamatan Terbaik Sekabupaten Siak

MEMPURA (MC) – Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan pemkab Siak Budi Yuwono di dampingi Kepala Bagian Administrasi Pemerintahan setda Siak Irwan Saputra, membuka rapat persiapan tim evaluasi kinerja kecamatan, penilaian kecamatan dan kecamatan terbaik 2019 di Ruang Rapat Pucuk Rebung, Rabu (3/7/2019).

Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan pemkab Siak Budi Yuwono mengatakan, meskipun kegiatan ini sudah selesai berjalan namun jangan dianggap penilaian ini sebagai ceremonial semata, ia berharap penilaian ini di jadikan motivasi bagi para camat untuk meningkatkan kinerjanya kedepan.

“Memang kegiatan ini sudah selalu kita lakukan, tinggal nanti bagaimana tekhnisnya. Tentunya ini menyangkut kepada kriteria. Evaluasi ini juga kita lakukan untuk melihat sejauh mana unsur kecamatan mampu berkoordinasi dengan organisasi perangkat daerah (OPD) terkait. Juga penilaian ini bisa dijadikan motivasi bagi camat agar kinerjanya meningkat,”Kata Budi.

Lanjutnya, Camat merupakan perpanjangan tangan Bupati, evaluasi ini juga dilakukan dalam rangka menyeragamkan dan menyatukan langkah penyelenggaraan pemerintahan hingga sampai ke tingkat Kampung.

Bagaimana ia mengatur pemerintah kecamatan terhadap pelayanan masyarakat di daerahnya. Agar dilayani dengan baik, camat juga perpanjangan tangan dari pemkab yang kinerjanya di lihat sesuai dengan tupoksi dari pada masing-masing OPD nya.

“Camat ini kan kepanjangan tangan dari Bupati. Tugas-tugas pemerintahan Daerah itu kan harus sampai ke Kampung-kampung”ungkapnya.

Masih katanya, dirinya juga mencoba melihat beberapa indikator-indikator yang di susun, selayaknya indikator ini memang mencerminkan kinerja camat. Dalam pengertian memang kekuasaan itu ada di kecamatan.

Lebih lanjut Budi mengharapkan, kegiatan evaluasi kinerja nantinya dapat berjalan dengan baik, dan memberikan hasil yang menggambarkan bagaimana penyelenggaraan pemerintahan di tingkat kecamatan berjalan dengan baik.

“Dari hasil evaluasi ini kita harapkan para camat dituntut melakukan evaluasi serta membuat inovasi di wilayahnya masing-masing sehingga lebih maju lagi ke depannya,”ujarnya.

Kepala Bagian Administrasi Pemerintahan Sekretariat Daerah Kabupaten Siak Irwan Saputra menyebutkan, terkait dengan pelaksanan evaluasi harapannya dapat terlihat bagaimana kinerja dari kecamatan ini, dan nantinya bisa dilakukan pembinaan terhadap bagaimana kinerja kecamatan dan tugas fungi pemerintahan pelayanannya kepada masyarakat.

“Secara tekhnis tentunya sudah ada indikator evaluasi kinerjanya, indikator ini sebagai acuan bagi kita nanti untuk melihat secara rinci bagaimana penyelenggaraan tugas di kecamatan ini terkait dengan koordinasi pimpinan opd-opd terkait” ucapnya.

Lanjutnya, evaluasi ini dapat juga mengukur kinerja Camat, terutama para Camat yang wilayahnya jauh dari ibu kota kabupaten. Sehingga dengan penilaian ini akan terlihat , apakah masyarakat sudah terlayani dengan baik.

Tentu kedepan pimpinan memaksimalkan fungsi pemerintah kecamatan dengan mengevaluasi kinerja kecamatan. Rapat itu di hadiri oleh Pimpinan OPD terkait yang tergabung di dalam tim penilaian evaluasi kinerja kecamatan. (rls*)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed