oleh

MTQ Sungai Mandau Ajang Rekatkan Ukhwuwah Antar Kampung

Sungai Mandau,(MC) – Menyambut datangnya Bulan Suci Ramadhan, Pemerintah Kabupaten Siak mengajak seluruh masyarakat Negeri Istana untuk meningkatkan kualitas iman dan taqwa, serta saling mempererat talian silahturahmi.

Hal tersebut disampaikan Asisten Pemerintahan dan Kesra Budhi Yuwono saat membuka secara resmi Mushabaqah Tilawatil Qur’an Tingkat Kecamatan Sungai Mandau ke IX Tahun 2019 di Kampung Teluk Lancang, Senin malam (29/4/19).

Pelaksanaan MTQ Tingkat Kecamatan Sungai Mandau tersebut mengambil tema “Lestarikan Seni dan Budaya Qur’ani Untuk Mempererat Syiar dan Ukhuwah Islamiyah Antara Kampung di Kecamatan Sungai Mandau” dan dihadiri tokoh masyarakat serta ribuan masyarakat Sungai Mandau.

“Memasuki Bulan Suci Ramadhan yang tidak berapa hari lagi, mari tingkatkan ukhwuwah, kualitas ibadah dan menghidupkan Al Qur’an dalam hati kita masing-masing, seraya mendoakan agar keberkahan senantiasa diturunkan bagi negeri kita, serta berbagai musibah dan bencana senantiasa dijauhkan” kata Budhi dalam arahannya dihadapan ribuan hadirin dan undangan kegiatan.

Lewat penyelenggaraan MTQ Kecamatan Sungai Mandau ke IX ini kata Budhi, masyarakat diajak berpartisipasi aktif membentuk tatanan masyarakat madani dan generasi qur’ani berakhlaktul qarimah. Sementara bagi para qari dan qari’ah, kegiatan ini menjadi ajang evaluasi dan persiapan jelang Pelaksanaan MTQ tingkat Kabupaten Siak yang akan dilaksanakan di Kecamatan Sungai Apit mendatang.

Pemkab Siak juga memohon dukungan dari seluruh masyarakat, terkait berbagai program pembangunan keagamaan yang tengah dilaksanakan di Kabupaten Siak saat ini, misalnya program fasilitasi pengembangan Sumber Daya Manusia putera dan puteri terbaik Siak dibidang Ekonomi Mikro Syariah dan Hafidzpreuner pada STIE Tazkia Bogor.

“Demikian juga halnya, kami mohon doa dan restu seluruh masyarakat terkait berbagai program lain yang sedang berjalan misalnya maghrib mengaji, mencetak 1000 hafidz di negeri istana, Gemar Siak Berzakat dan Berwakaf, dan lain sebagainya. Selain itu Pemkab Siak juga akan melaksanakan berbagai iven wisata bertema syariah untuk mendukung pariwisata halal” kata dia.

Sementara itu Camat Sungai Mandau Novendra, dalam laporannya menyampaikan bahwa kegiatan MTQ di Kecamatan Sungai Mandau ini sudah dilaksanakan selama 3 tahun belakangan. Dalam kurun waktu tersebut kata dia, pemerintah kecamatan dan LPTQ kecamatan berkomitmen untuk mengandalkan Qari dan Qari’ah asli dari Kecamatan Sungai Mandau dalam mengikuti MTQ Tingkat Kabupaten.

“Hl tersebut seudah menjadi komitmen bersama kami dengan Pemerintah Kampung, Penghulu, MDA, guru-guru mengaji, agar selalu melakukan pembinaan anak-anak. Dengan demikian kami berharap prestasi kafilah Sungai Mandau dalam MTQ Kabupaten terus meningkat setiap tahun” kata Novendra.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed