oleh

Pasar Rakyat Tualang di Lengkapi dengan Fasilitas Pojok ASI

Pasar rakyat Tualang Kabupaten Siak, kini dilengkapi ruangan khusus bagi ibu yang ingin menyusui bayinya, baik bagi pembeli, pedagang ataupun pengunjung pasar.

Ruang pojok Air Susu Ibu (ASI) itu diresmikan Bupati Siak, Drs. H. Syamsuar, M.Si sekaligus meresmikan pemakaian pasar rakyat di Kecamatan Tualang, Rabu (07/02/2018).

“Pojok ASI tersebut merupakan wujud dari komitmen kami sebagai kota layak anak, selain itu tersedianya anjungan tunai mandiri (ATM) agar membantu kelancaran transaksi jual beli,” kata beliau.

Selain itu lanjutnya, pojok ASI itu juga sebagai upaya untuk mengadvokasi ibu – ibu yang masih memiliki bayi agar tidak meninggalkan pemberian ASI ekslusif selama enam bulan bagi bayi mereka.

“Saya berharap, para ibu bisa memanfaatkan fasilitas yang telah disediakan, dan para pengelola pasar agar menjaga kebersihan dan kenyamanan pasar tersebut,” ujarnya. Ruangan seluas 3X4 meter yang terletak di lantai dua pasar itu dilengkapi beberapa fasilitas penunjang di antaranya kursi, meja ganti popok untuk bayi dan wastafel. Adanya ruangan khusus menyusui itu pun disambut antusias para ibu-ibu yang memiliki bayi.

“Saya sangat senang di pasar ini ada ruang khusus menyusui, jadi lebih nyaman untuk menyusui anak saya,” kata seorang ibu yang bekerja di pasar tersebut.

Di lain pihak, kepala puskesmas Tualang Dr. Nedra mengatakan bahwa, mungkin bagi sebagian orang menganggap bahwa keberadaan Pojok ASI tidaklah penting dan bukan menjadi prioritas. Padahal dengan adanya Pojok ASI di tempat-tempat umum seperti ini, tentunya sangat membantu aktivitas ibu menyusui dalam memberikan ASI eksklusif.

“ASI memiliki manfaat yang sangat banyak bagi seorang bayi dan ibunya dan pemberian ASI akan mendukung kesehatan ibu dan membantu dalam proses penurunan berat badan pasca kehamilan dan persalinan,” jelasnya.

Sumber : Humas Kab. Siak, 07 Februari 2018

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed