oleh

“PATEN On The Road” Hantarkan Sungai Mandau Menuju Kecamatan Terbaik di Riau

Siak – Meskipun sebagian besar wilayah administrasinya berada dalam zona HTI dan cagar biosfer, tidak menghalangi Kecamatan Sungai Mandau untuk berinovasi memajukan daerah dan bersaing menjadi Kecamatan Terbaik.

Melalui talian kerja sama yang rapat antara Pemerintah Kecamatan bersama masyarakat, Kecamatan Sungai Mandau menjelma menjadi daerah yang maju dengan segudang inovasi diantaranya PATEN On The Road (POTR), Sistem Integrasi Ternak Sapi dan Kelapa Sawit (SISKA) dan pemanfaatan Taman Teknologi Pertanian.

Inovasi pelayanan publik ‘Paten On The Road’ yang dikembangkan Pemerintah Kecamatan Sungai Mandau mendapat apresiasi dan perhatian khusus dari Tim Evaluasi Kinerja Kecamatan Tingkat Provinsi Riau. Tim yang terdiri dari gabungan akademisi dan sejumlah Pejabat Administrator di lingkungan Pemprov Riau, meninjau langsung peragaan inovasi POTR di halaman Kantor Kecamatan Sungai Mandau dalam kunjungan penilaian Kecamatan se-Provinsi Riau, Jumat Pagi (19/10/2018).

Sebelumnya Tim Evaluasi Kinerja Kecamatan yang diketuai DR. Rahyunir Rauf dan dan Kabag Pemerintahan Biro Pemerintahan Pemprov Riau Devi Rizaldi, disuguhi tayangan film pendek dokumentasi dan Profil Kecamatan Sungai Mandau terkait simulasi pelaksanaan POTR mengunjungi masyarakat kampung-kampung dan sekolah untuk pelaksanaan perizinan dan pelayanan administrasi publik.

Turut hadir menyambut rombongan, Asisten Pemerintahan dan Kesra Pemkab Siak L. Budhi Yuwono didampingi Camat Sungai Mandau Novendra Kasmara beserta Upika Kecamatan, Penghulu 9 Kampung se Kecamatan Sungai Mandau, Ketua LAMR Kecamatan, tokoh masyarakat dan pimpinan perusahaan.

“Pemkab Siak sejak 2005 sudah memulai lomba evaluasi kecamatan dengan tujuan agar masing-masing kecamatan termotivasi meningkatkan kinerjanya. Hasilnya para camat dalam bekerja banyak menghasilkan inovasi baru. Saya bangga dengan Sungai Mandau yang sudah maju dan berbenah, sangat berbeda dengan dulu sewaktu di awal pemekaran kecamatan”, kata Budhi Yuwono.

Terkait inovasi POTR kata Budhi, bertujuan untuk memperpendek rentang jarak dan birokrasi pelayanan dan perizinan dengan masyarakat. “PATEN On The Road adalah solusi dari kendala yang dialami masyarakat terkait jarak dengan Ibukota Kecamatan dan kendala jaringan internet untuk pengurusan administrasi dan perizinan online dengan datang langsung ke ceruk- ceruk kampung di Sungai Mandau”, jelasnya.

“Alhamdulillah Tahun 2018 kami terpilih sebagai Kecamatan Terbaik di Kabupaten Siak hasil penilaian Pemerintah Kabupaten. Kecamatan Sungai Mandau terdiri dari 9 kampung dengan jumlah penduduk 8.358 jiwa. Visi Pemerintah Kecamatan adalah mewujudkan pelayanan publik yang prima dan meningkatkan partisipasi masyarakat dalam pembangunan”, sebut Camat Sungai Mandau Novendra Kasmara dalam eksposnya kepada tim penilai.

Ia juga menyebut saat ini ada 13 perizinan yang dilayani POTR, namun seiring perlakuan layanan OSS kedepan akan mengerucut menjadi 3 perizinan. Namun demikian sebut Novendra, Pemerintah Kecamatan siap melaksanakan OSS di bulan September tahun ini.

“Tak hanya PATEN On The Road, kami juga bangga punya taman teknologi pertanian satu-satunya di Riau. InsyaAllah nanti suplai benih unggul padi di Kabupaten Siak dan Provinsi Riau akan dipenuhi dari Sungai Mandau. Ekonomi masyarakat juga ditopang Sistem Integrasi Ternak dan Kelapa Sawit. Sementara untuk pembangunan spiritual generasi muda, kita siapkan Program Tahfidz on Weekend”, kata alumni STPDN angkatan XIII ini.

Selain melakukan evaluasi kinerja, tim penilai juga akan memberikan saran kepada Pemerintah Kecamatan Sungai Mandau agar dapat meningkatkan kualitas dan kinerja dalam melaksanakan pelayanan.

Sumber : MC Kab. Siak, 19 Oktober 2018

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed