oleh

Pemkab Siak Ajak Panen Raya Bersama Menko Maritim Luhut Binsar Panjaitan

Bungaraya – Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Republik Indonesia Luhut Binsar Panjaitan melakukan kunjungan kerja dan panen raya di Kampung Bungaraya, Kecamatan Bungaraya Kabupaten Siak, Rabu pagi (16/1).

Setiba di lokasi kegiatan, Luhut disambut dengan silat serta kompang tanda sebagai tamu Terhormat didaerah melayu ini, sambutan hangat serta diajak berswafoto oleh warga baik oleh kalangan anak-anak, pelajar, petani hingga para ibu-ibu.

Dalam sambutanya Bupati Siak Syamsuar sampaikan bahwa kecamatan Bungaraya ini merupakan salah satu penghasil padi terbesar di Kabupaten Siak bahkan Riau, lahan yang saat ini digunakan dulu merupakan lahan sawit yang telah dialih fungsikan menjadi lahan pertanian oleh masyarakat Bungaraya.

“Untuk sektor pertanian kabupaten Siak dapat kami laporkan kepada bapak Menteri, bahwa luas areal tanam padi pada tahun 2017 berjumlah 8.214 ha dengan produktifitas mencapai 34.960 ton pertahunnya” kata Syamsuar penuh semangat.

Kecamatan Bungaraya lanjutnya, merupakan lumbung padi Kabupaten Siak, dengan luas areal tanam padinya berkisar 4.225 ha dengan produktifitas 20.084 ton padi atau sekitar 57,4 persen dari jumlah keseluruhan produksi padi se-Kabupaten Siak.

Kata Syamsuar, tahun 2018 luas areal tanam Kabupaten Siak bertambah menjadi 8.388 ha dengan produksi padi 38.486 ton, penambahan luas areal persawahan dan jumlah produksi padi dalam jangka waktu 1 tahun tersebut terjadi hampir merata diseluruh kecamatan di Kabupaten Siak, diantaranya Bungaraya, Sungai Apit, Koto gasib, Kandis, Tualang, Sungai Mandau, Mempura, Sabak Auh dan dan Pusako.

Menteri Koordinator Maritim Luhut Binsar Panjaitan menyampaikan kekagumannya pada daerah Siak ini sangatlah Indah baik Alamnya serta sejarah peradabannya sangatlah Kultural sekali, selain alamnya yang subur ditunjang lagi dengan pola kepemimpinan Syamsuar ini patut saya ajukan jempol dan saya berikan dukungan penuh kepada beliau ini.

Saya lihat ini sudah sangat baik sekali apalagi dengan hasil panen yang mencapai 8 ton per hektar, semoga para petani Bungaraya ini lebih produktif lagi serta kreatif dalam mengelola kawasan persawahan ini bagi generasi penerus tentunya hingga lebih mensejahterakan masyarakat dan menjadikan Siak lebih maju pesat lagi,” ungkap Luhut.

Luhut tidak menyangka hasil panen di Kecamatan Bungaraya mencapai 8 ton per hektarnya, apalagi dalam setahun mampu melakukan panen hingga dua kali.

Sawah yang luas dan kota Siak yang indah ini nanti bisa dijaga dan kembangkan lagi oleh Wabup Alfedri setelah dilantiknya menjadi Bupati Siak sebagai penerus pembangunan dan panutan masyarakat tentunya.

Dapat saya sampaikan saya datang ke Riau ini izin dari Presiden guna mewakili beliau dalam hal menunjang pembangunan di kawasan Sumatera ini, Pak Presiden menyampaikan salamnya buat masyarakat Kabupaten Siak Khususnya, dan beliau berpesan bahkan berkeinginan datang langsung dan berada bersama-sama ditengah masyarakat Melayu Kabuapten Siak ini.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed