oleh

Pemkab Siak Bersama Forkompinda Gelar Rapat Sinkronisasi Jelang Kesiapan Hari Raya Idul Fitri

Mempura, (MC) – Rapat koordinasi dan sinkronisasi jelang kesiapan arus tranfortasi terkait langkah persiapan angkutan lebaran. Memasuki musim mudik lebaran dan persiapan pelaksanaan penyelenggaraan angkutan penumpang perlu diintensifkan, di Ruang Rapat Raja Indra Pahlawan Kantor Bupati Siak Tanjung Agung, Selasa (28/5/19).

“Angkutan darat, laut, dan sungai serta angkutan penyeberangan diminta bekerjasama dengan organda dan perusahaan pelayanan angkutan agar kebutuhan angkutan darat maupun kapal dapat melayani semua penumpang, baik melalui pelabuhan Tanjung Buton, penyeberangan Benayah, maupun di Terminal Perawang” kata dia.

Tahun ini untuk melayani arus mudik, persiapan moda angkutan darat, laut, sungai dan penyeberangan dirinci sebanyak 40 unit armada AKAP angkutan darat, 5 unit boat dan 2 unit kapal ferry armada angkutan laut, 1 unit armada angkutan penyeberangan, serta 4 unit armada angkutan sungai speed boat.

Sementara itu pada titik-titik strategis rute lintas mudik, Pemkab Siak bersama intansi terkait akan menempatkan 16 posko pengendalian angkutan lebaran dengan melibatkan sebanyak 221 personil gabungan, diantaranya 116 petugas Dinas Perhubungan, 80 petugas Polres Siak, 10 personil TNI, 1 petugas KSOP, 11 petugas medis Dinas Kesehatan dan 3 petugas PMI.

Selain itu untuk mengantisipasi terjadinya kasus kecelakaan lalulintas selama arus mudik maupun gangguan medis lainnya, Bupati Siak Alfedri juga menginstruksikan agar Rumah Sakit Umum dan puskesmas 24 jam yang berada diruas lintas bersiaga dan mengatur jadwal shif piket jaga petugas medis.

“Ketersediaan obat-obatan juga agar diperhatikan sehingga tidak terjadi kelangkaan obat-obatan diperlukan” ujarnya.

Selain itu kata pemimpin Siak itu, setiap OPD terkait diminta mengantisipasi setiap potensi kendala yang kemungkinan mempengaruhi kenyamanan dan keamanan para pemudik. Misalnya kata dia terkait insfrastruktur jalan, diperlukan upaya pembenahan beberapa ruas jalan yang rusak.

“Demikian juga untuk persiapan angkutan lebaran, saya minta Dinas Perhubungan untuk dapat memantau kewajaran kapasitas angkutan dijalan” pinta Alfedri.

Turut hadir dalam rapat rutin tersebut Kapolres Siak AKBP Ahmad David SIK, Kajari Siak Herry Hermanus Horo, Ketua Pengadilan Bambang Trikoro, Dandim 0303 Bengkalis Letkol Inf Timmy Prasetyo Harmianto, para pimpinan OPD serta Camat dilingkungan Pemerintah Kabupaten Siak.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed