oleh

Pemkab Siak Studi Tiru BUP Tanjung Intan Cilacap

-Berita-29 views

Cilacap – Tingkatkan kinerja penggelolaan Pelabuhan Tanjung Buton, kabupaten Siak, Provinsi Riau, Bupati Siak Alfedri dan rombongan melakukan Studi Tiru kekantor Syahbandar Otoritas Kepelabuhanan (KSOP) kelas II dan General Manager Pelindo III kabupaten Cilacap, Jawa Tengah.

“Pelabuhan Tanjung Buton ini salah satu pelabuhan yang ada di Indonesia sudah memiliki Badan Usaha Pelabuhan (BUP) Perusahaan Daerah, yang membantu Kementerian Perhubungan juga membantu KSOP melakukan pelayanan kepelabuhanan, yaitu PT Samudera Siak. Di dalam perjalanannya dibutuhkan kemitraan dan komitmen bersama,”ujar Alfedri di Cilacap selasa (29/6/2021).

Kunjungan studi lapangan ini juga, ingin melihat secara langsung operasional penggelolaan pelabuhan Tanjung Intan Cilacap serta mendapat informasi terkait manajemen kepelabuhanan yang baik yang sudah di terapkan KSOP dan Pelindo III Cilacap.

“Kami mendapat saran dari kepala KSOP Tanjung Buton Wigyo untuk belajar ke KSOP dan GM Pelindo III kabupaten Cilacap yang memiliki kinerja baik. Tentu ada strategi-strategi yang baik dalam penggelolaan pelabuhan yang perlu di tiru di contoh, sehingga dapat kami bawa pulang,”ungkapnya.

Untuk menjadikan pelabuhan Tanjung Buton sebagai Pelabuhan umum yang maju di Indonesian dibutuhkan dukungan, kerjasama dari pemerintah daerah, pusat, pengusaha yang tergabung ke dalam Indonesian National Shipowners’ Association (INSA) dan BMI Riau.

Selain itu kata dia, Pelabuhan Tanjung Buton ini terintegerasi dengan kawasan Industri Tanjung Buton. Luasan lahan yang di hibahkan pemkab Siak kurang lebih 6 hektar.

“Kami memiliki harapan bagaimana pelabuhan tanjung Buton ini dapat berjalan optimal. Sehingga daerah dapat berkembang perekonomian daerah meningkat juga dapat mengangakat perekonomian nasional,”harapnya.

Ia mengucapkan terimkasih banyak informasi yang di dapat termasuk repitalisasi dan trasformasi pola bisnis yang ada di Pelabuhan Tanjung Buton.

Sementara itu General Manager Pelindo III Pelabuhan Tanjung Intan Cilacap Jawa Tengah Sutopo mengucapkan terimkasih atas kunjungan Bupati Siak dan rombongan ke Pelabuhan Tanjung Intan Cilacap.

Bicara bisnis pelabuhan tak terlepas dari fasilitas pelabuhan, SDM yang hadal dan kerjasama antar semua pihak.

“Bisnis Pelabuhan ini, bisnis yang besar dibutuhkan komitmen bersama, termasuk Bagaimana pemerintah bisa memastikan pihak-pihak yang melakukan investasi di pelabuhan ini mendapatkan kepastian,”ungkapnya.

Kepastian tersebut seperti kemudahan berinvestasi, tidak ada perubahan-perubahan pada kebijakan jangka panjang, dan bagaimana pemerintah harus bisa memberikan stimulus kepada perusahaan yang terlibat dalam bisnis pelabuhan.

“Pelabuhan Tanjung Intan ada sejak 5 dekade lalu, bisnis ini mengalami pasang surut, namun saat ini mengalami kemajuan. Bahkan mengalahkan bongkar muat pelabuhan Surabaya,”tutupnya. (MC/Humas-Siak)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed