oleh

Penyuluhan Pertanian Pusat Informasi Petani

Keberadaan penyuluh pertanian ditengah-tengah petani, ditenggarai memberikan dampak positif bagi pergerakan pertanian. Penyuluh berperan sebagai tombak informasi dan memberikan pemahaman pengetahuan kepada petani untuk dapat berinovasi dalam meningkatkan mutu dan kualitas hasil pertanian sehingga produktifitas petani dapat terus meningkat.

Hal inilah yang diharapkan Plt. Bupati Siak Drs. H. Alfedri, M.Si saat membuka kegiatan bimbingan teknis penyuluhan pertanian di Hotel Winaria Siak, Selasa (10/4/2018).

Lebih lanjut Plt. Bupati Siak menyampaikan konektivitas pertanian melalui teknologi digital agar dapat terhubung melalui media online, sehingga dapat di akses dengan cepat berbagai perkembangan di dunia pertanian. Pemerintah daerah menginginkan agar gerakan One Village One Product atau satu desa satu produk bisa digalakkan di setiap daerah. Dimana One Village One Product adalah suatu pendekatan pembangunan daerah yang bertujuan untuk memajukan ekonomi daerah sehingga jelas satu desa memiliki produk unggulan yang dapat dipasarkan dan menjadi ciri dari daerah asalnya.

Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Siak Ir. Budiman Safari menegaskan bahwa kegiatan ini juga sebagai wadah bagi penyuluh pertanian untuk menyampaikan permasalahan pertanian di tingkat kampung sehingga ketika ada masalah yang dihadapi oleh petani, para penyuluh inilah yang nantinya akan menjelaskan dan dapat memberikan solusi.

Kegiatan Bimtek ini berlangsung dari tanggal 09 sampai 11 April 2018 dengan mendatangkan narasumber dari Pusat Penyuluhan Pertanian, Balai Pelatihan Pertanian Jambi dan Dinas Tanaman Pangan dan Holtikultura Provinsi Riau, Dinas Pertanian Kabupaten Siak dan BAZNAS Kabupaten Siak.

Sumber : Maesaroh RPK Siak, 11 April 2018

Editor Narasi : eq_medcen

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed